Sukses

Voucher Digital Terbukti Berhasil Dongkrak Transaksi Elevenia

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan e-Commerce untuk meningkatkan nilai transaksi pada market place mereka. Seperti yang dilakukan oleh Elevenia, mereka menggunakan voucher digital.

Berdasarkan studi kasus Mokado (Mobile Kado) yang diusung Elevenia, voucher digital terbukti berhasil meningkatkan transaksi di Elevenia.

VP Data Management & CRM elevenia, Allto W. Setiabudi memaparkan, perilaku konsumen terhadap voucher digital Mokado di sela-sela ajang Indonesia eCommerce Summit & Expo (IESE) 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Allto mengatakan, ada tiga faktor utama yang memengaruhi transaksi meningkat, salah satunya adalah harga murah dengan diskon minimal 50 persen.

Allto mengakui, promo atau diskon adalah salah satu daya tarik yang masih menjadi pertimbangan mayoritas konsumen di Indonesia dalam berbelanja online.

Allto W. Setiabudi, VP Data Management & CRM Elevenia membuka fitur Mokado (Mobile Kado) di ajang IESE 2017. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum

Faktor lain yang memengaruhi transaksi meningkat adalah merek yang mempunyai banyak cabang dengan lebih dari 20 cabang dan merek terkenal dengan mudah dikenali orang.

Mokado merupakan salah satu produk inovasi produk dari Elevenia yang diluncurkan sejak Maret 2016. Mokado dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna yang ingin mengirimkan hadiah, bonus atau kejutan kepada orang lain melalui SMS berbentuk mobile voucher di semua perangkat telepon seluler.

"Dari awal kami kenali produk Mokado, nilai transaksi di Elevenia meningkat dari Rp 90 juta per bulan sekarang menjadi Rp 11 miliar per bulan. Itu dalam kurun waktu satu tahun saja," kata Allto.

Mokado tersedia dalam 4 kategori, yaitu Food & Beverages, Fun & Event, Beauty & Health, dan Kategori lain-lain. Dari keempat kategori tersebut, Food & Beverages menjadi kategori paling laris, di mana 84 persen penjualan Mokado berasal dari kategori tersebut.

Sementara kategori produk kedua yang paling banyak dibeli melalui Mokado adalah Fun & Events, seperti Waterbom, Jungleland, Go! Wet, dan lain sebagainya.

Dilihat dari demografi pengguna e-Coupon, jumlah pembeli wanita ternyata lebih tinggi daripada pembeli pria. Selain itu, 74 persen pembeli masih berada di wilayah Jabodetabek. Produk e-Coupon ini lebih banyak dinikmati oleh mereka yang berusia 29-24 tahun (24 persen) dan 25-34 tahun (49 persen).

Tercatat hingga awal 2017, di Mokado telah terdaftar 200 merek yang menjual lebih dari 1.100 produk dengan transaksi sebanyak hampir 83 ribu.

"Kami juga mendapati bahwa returning customers untuk produk ini lebih tinggi dibanding produk non-Mokado," tandasnya.

(Dew/Isk)

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
Transaksi Kendaraan Bekas di OLX Tembus Rp 27,5 Triliun per Bulan