Sukses

Apa yang Terjadi Saat Xiaomi Mi 6 Diuji Ketahanannya?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi Mi 6 jadi ponsel flagship pertama Xiaomi yang dirilis tahun 2017. Xiaomi Mi 6 hadir dengan penampilan fisik yang mengkilat dan menjadi salah satu ponsel Xiaomi paling cantik secara desain.

Meski tak menyebutkan sertifikat IP, Xiaomi Mi 6 diklaim memiliki ketahanan terhadap cipratan air. Namun sebenarnya seberapa tangguh sih bodi Mi 6?

YouTuber JerryRigEverything yang sebelumnya melakukan sebuah pengujian ketahanan pada ponsel pendahulu Mi 6 dan Mi 5, kini menguji ketangguhan Mi 6.

Mengutip laman Gizmochina, Minggu (14/5/2017), jika dalam pengujian Mi 5 didapati sebagai smartphone premium yang mudah patah dan rusak dengan sedikit tekanan, bagaimana dengan Mi 6?

Dalam sebuah video, rupanya JerryRigEverything melakukan pengujian menggores layar 5,15 inci Mi 6 yang telah dilindungi oleh Gorilla Glass. Layar digores hingga level 6 skala Mohs dan hasilnya layar tak tergores. Level ini setara dengan ponsel ditaruh di dalam saku dan di saku itu juga terdapat koin dan kunci, dan itu tak akan menyebabkan layarnya tergores.

Bisa dikatakan, terhadap goresan, layar Mi 6 yang dilapisi Gorilla Glass cukup kuat, bahkan diklaim melebihi Galaxy S8 yang harganya dua kali lipat Mi 6.

Tidak cukup di situ, JerryRigEverything juga menggores panel sidik jari pada Mi 6, namun lagi-lagi material yang dipakai cukup kuat dan tak mudah menimbulkan bekas goresan. Ia juga mencoba menggores kamera depan dan belakang Mi 6 yang ditempatkan di bawah layar namun juga tidak mudah menimbulkan goresan.

Kemudian, pengujian lain yang dilakukan dengan cara membakar layar dengan korek dengan tujuan membunuh piksel pada layar LCD IPS milik Mi 6 selama 10 detik. Hasilnya memang menimbulkan bekas berwarna hitam, namun setelah itu layar Mi 6 perlahan kembali ke semula.

JerryRigEverything juga menguji kekuatan Mi 6 saat dibengkokkan. Jika sebelumnya Mi 5 begitu mudah patah jadi dua bagian, tak demikian dengan Mi 6. Mi 6 jauh lebih kuat, saat dibengkokkan, ponsel ini hanya melengkung sedikit namun bisa kembali ke bentuk semula dan masih berfungsi dengan baik.

Kalau tak percaya, yuk cek di video di bawah ini dan kamu bakal tahu, sekuat apa Xiaomi Mi 6. 

 

Artikel Selanjutnya
Video: Membongkar Kotak Penjualan Xiaomi Mi 6
Artikel Selanjutnya
Terungkap Mengapa Stok Xiaomi Mi 6 Hanya Sedikit