Sukses

Top 3: Dugaan Hacker Korut Jadi Dalang Serangan WannaCry

Artikel tentang negara Korea Utara yang diduga menjadi dalang serangan ransomware WannaCry akhir pekan lalu menyedot perhatian pembaca.

Liputan6.com, Jakarta - Artikel yang membahas tentang serangan ransomware WannaCry ternyata masih membuat banyak pembaca kanal Tekno Liputan6.com penasaran.

Terbukti, artikel tentang negara Korea Utara yang diduga menjadi dalang serangan ransomware WannaCry akhir pekan lalu menyedot perhatian pembaca.

Selain itu, 5 negara yang menjadi target serangan peretasan dan harga Asus Zenfone Live dan Zoom S di Indonesia melengkapi tiga artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Selasa (16/5/2017).

Selengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini:

1. Hacker Korut Diduga Dalang Serangan Ransomware WannaCry

Dalang serangan ransomware WannaCry yang menghebohkan ratusan negara sejak beberapa hari lalu, belum juga diketahui. Namun dua perusahaan antivirus, Symantec dan Kaspersky, mencurigai hacker Korea Utara (Korut) punya andil dalam serangan tersebut.

Dilansir The Sun, Selasa (16/5/2017), Symantec dan Kaspersky mengatakan petunjuk teknis mengenai asal WannaCry, mengarahkan mereka ke kelompok hacker yang memiliki hubungan dengan Korut, yaitu Lazarus. Kelompok ini diyakini terlibat dalam serangkaian aksi peretasan sejak 2009, termasuk terhadap Sony Pictures Entertainment pada 2014.

Menurut Kaspersky dan Symantec, rincian teknis dalam versi awal kode WannaCry, mirip dengan kode yang digunakan sebuah backdoor pada 2015, yang dibuat oleh Lazarus.

Selengkapnya baca di sini

2. 5 Negara Ini Jadi Tempat Favorit Hacker Melakukan Serangan

Serangan siber jadi berita besar sepanjang akhir pekan lalu. Setelah pesan scam yang mengirimkan tautan Google Docs ke pengguna Gmail, terbaru ada ransomware WannaCry yang menyebar ke 150 negara dan menginfeksi lebih dari 200 ribu komputer di dunia.

Hingga kini belum diketahui siapa pelaku dan dari mana kejahatan siber ini berasal. Namun perusahaan keamanan Amerika Serikat Symantec pada April 2017 merilis laporan yang memuat negara-negara sumber serangan siber di dunia.

Negara mana saja yang menjadi lokasi asal serangan siber terbanyak? Mengutip laman Business Insider, Selasa (16/5/2017), berikut ini paparannya.

Selengkapnya baca di sini

3. Ini Harga Asus Zenfone Live dan Zoom S di Indonesia

Asus Zenfone Live dan Zoom S resmi masuk ke pasar Indonesia hari ini (16/5/2017).

Bila Zenfone Live yang memiliki fitur BeautyLive menargetkan pengguna khususnya perempuan yang gemar melakukan live-stream di smartphone, Zenfone Zoom S yang memiliki dua lensa kamera utama menyasar pengguna yang memiliki hobi smartphone photography.

Dalam salah satu sesi di acara peluncuran yang bertajuk Zenfinity, hari ini (16/5/2017) di Jakarta, Country Marketing Manager Asus Indonesia Galip Fu percaya diri menyebut Zenfone Zoom S sebagai smartphone dengan sensor dan pixel terbesar di dunia.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.