Sukses

Google Assistant Terbaru Kuasai Lebih Banyak Bahasa

Liputan6.com, Jakarta - Google I/O 2017 merupakan salah satu ajang bagi Google untuk memperkenalkan beragam layanan dan produk terbaru. Salah satu yang menjadi perhatian pada gelaran tahun ini adalah Google Assistant.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (19/5/2017), asisten virtual yang diperkenalkan pertama kali di Google Pixel itu kini menguasai lebih banyak bahasa. Bila sebelumnya hanya memahami bahasa Inggris, kini Google Assistant mendukung bahasa Perancis, Portugal, Jerman, dan Jepang.

Jumlah bahasa yang dapat dikuasai Google Assistant pun dipastikan masih akan terus bertambah hingga akhir tahun ini. Menurut Google, bahasa Spanyol dan Korea juga akan didukung oleh layanan tersebut.

Beragam fitur anyar pun dibenamkan oleh Google pada produknya itu, antara lain dapat diminta untuk berbelanja atau memesan makanan secara langsung dan membayarnya melalui Android Pay.

Asisten virtual ini juga sudah terintegrasi dengan Google Lens, teknologi anyar yang juga diperkenalkan di Google I/O 2017. Lewat pengumuman ini, Assistant juga dapat menerima perintah dalam bentuk teks. 

Tak hanya itu, informasi lain yang juga menarik perhatian adalah kepastian Google Assistant menyambangi iOS, yang memang sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. 

Meskipun berpotensi menjadi pesaing Siri yang notabene besutan Apple, kemampuan asisten virtual ini di iOS ternyata tak begitu mumpuni. Alasannya, sistem operasi tersebut memiliki sejumlah batasan soal Application Programming Interface (API).

Maka itu, layanan ini hanya bisa digunakan untuk perintah sederhana, seperti berkirim pesan melalui iMessages atau membuka aplikasi tertentu, tetapi tidak dapat dipakai untuk mengatur alarm. Fungsi tombol Home yang tak dapat diganti membuat Google Assistant hanya dapat diakses secara cepat melalui widget.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
5 Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik