Sukses

Jelang Ramadan, Advan G1 Benamkan Fitur Panduan Muslim

Aplikasi Panduan Muslim yang hadir di Advan G1 ini memiliki sejumlah fitur yang dapat menunjang kegiatan beribadah selama bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadan, sebagian besar umat Muslim telah mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Salah satu yang kerap dipersiapkan adalah mengisi smartphone dengan berbagai konten untuk menunjang kegiatan ibadah, mengingat perangkat pintar itu sudah sangat lekat dengan kehidupan masyarakat saat ini.

Melihat hal tersebut, Advan pun memperkenalkan fitur Panduan Muslim yang sudah dibenamkan pada Advan G1. Aplikasi ini berisi beragam fitur seperti Al-Quran, Asmaul Husna, petunjuk arah kiblat, jadwal sholat, kalender Muslim, dan restoran halal.

"Dengan beragam aplikasi Islami yang dapat diunduh, smartphone pun bisa menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Hal itu yang mendasari kami mengembangkan aplikasi Panduan Muslim pada Advan G1," ujar Direktur Marketing Advan Tjandra Lianto dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (18/5/2017).

Namun berbeda dari aplikasi kebanyakan yang harus dipasang terlebih dulu di Play Store, Panduan Muslim telah menjadi fitur built-in dalam sistem operasi IDOS 6.1.2 (Indonesian Operating System) atau versi di atasnya. Sebagai informasi, sistem operasi custom yang berbasis Android Marshmallow itu merupakan besutan Advan.

“Dalam mengembangkan IDOS dan Advan G1, kami benar-benar merancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," tuturnya. Karenanya, Panduan Muslim yang tertanamkan di Advan G1 sudah dibekali dengan beragam fitur andalan.

Tjandra menuturkan, fitur Al-Quran dalam Panduan Muslim merupakan hal wajib bagi pengguna yang ingin membaca Al-Quran secara digital setiap saat. Pengguna cukup memilih menu Al-Quran dan memlih 114 surat yang tersedia. Fitur ini juga dilengkapi dengan terjemahan yang bisa diunduh.

"Di sini, Anda juga bisa mendengarkan audionya dengan pilihan murottal yang lengkap dari pembaca Quran (qari) terkemuka," ucapnya. Sementara fitur arah kiblat dapat membantu pengguna yang berada di tempat asing tapi tak mengetahui arah kiblat.

Fitur lain yang juga tersedia di aplikasi ini adalah Jadwal Sholat. Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk mengingatkan pengguna saat tiba waktunya sholat. Uniknya, fitur ini sudah diatur agar sesuai dengan lokasi pengguna berdasarkan GPS, sehingga jadwal yang ditampilkan dapat lebih akurat.

"Seluruh fitur ini terus kami kembangkan agar lebih kaya dan memberi manfaat kebaikan untuk umat Islam di Indonesia," ujarnya. 

(Dam/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini