Sukses

Apple Dipastikan Akan Buka Kantor di Digital Hub Indonesia

Liputan6.com, BSD City, Tangerang Selatan - Sinar Mas Land, salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia, baru saja menggelar prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan kawasan Digital Hub di BSD City. Meski baru proses pembangunan, sejumlah perusahaan IT sudah menyatakan komitmennya untuk bergabung di kawasan itu.

Salah satu perusahaan teknologi yang telah menyatakan akan bergabung adalah Apple. Perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu akan membangun pusat inovasi aplikasi teknologinya di kawasan ini (Research and Development Center). Bergabungnya Apple di BSD City merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik bagi Sinar Mas Land.

CEO Group Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengatakan, pihaknya berkomitmen menggarap proyek ini dengan serius karena kawasan ini akan menjadi tempat berkumpulnya para pelaku usaha di dunia industri IT dan teknologi digital.

Saat ini, selain Apple, sudah ada beberapa perusahaan teknologi lain (tenant) yang sudah menyatakan komitmennya untuk bergabung. Mereka adalah penyedia layanan internet asal Singapura, MyRepublic, perusahaan IT dan perangkat lunak PT Walden Global Service (WGS Hub), Dimension Data, Huawei, Sale Stock, Orami, dan Ev Hive.

"Kami berharap jumlah tenant di kawasan Digital Hub terus bertambah seiring dengan hadirnya sejumlah perusahaan berbasis IT dan teknologi digital di kawasan BSD City," kata Michael di acara groundbreaking kawasan Digital Hub, di BSD City, Kamis (18/5/2017).

Selain perusahaan IT, beberapa lembaga pendidikan berbasis IT juga telah menunjukkan komitmen untuk bergabung. Mereka adalah GeeksFarm, sebuah lembaga pendidikan IT yang menawarkan pelatihan di bidang programming untuk anak-anak, remaja hingga dewasa.

Lalu ada Purwadhika Startup & Coding School yang menawarkan beragam program pendidikan dan pengetahuan tentang dunia teknologi dan informasi, khususnya di bidang startup dan coding. Para pelajar juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan Digital Hub.

Purwadhika Start up & Coding School nantinya akan didukung oleh Plug and Play (PNP) Indonesia, yang merupakan accelerator dari Sillicon Valley, Amerika Serikat. Dukungan yang diberikan berupa bantuan untuk mewujudkan pembentukan ekosistem digital di Digital Hub.

Kawasan Digital Hub sendiri akan dibangun di lahan seluas 25,86 hektar yang berlokasi di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub diharapkan akan mengarahkan BSD City menjadi salah satu kawasan new digital economy yang akan diperhitungkan di Indonesia.

Kawasan ini nantinya akan didedikasikan sebagai 'Silicon Valley'-nya Indonesia, untuk menunjang operasional, dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital, mulai dari perusahaan startup, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif seperti animasi film dan games.

(Dew/Isk)

Artikel Selanjutnya
Tesla Bakal Punya Layanan Streaming Musik Sendiri?
Artikel Selanjutnya
Bos dan Ratusan Karyawan Didepak, Bagaimana Nasib Alfacart?