Sukses

Telkomsel Perkuat Kapasitas 4G di 312 Jalur Mudik

Liputan6.com, Malang - Telkomsel menambah kapasitas jaringan 4G di sebanyak 312 jalur mudik dan 525 lokasi wisata pada Hari Raya Lebaran 2017. Penambahan kapasitas ini akan dipusatkan pada jalan tol di sejumlah titik yang diprediksi mengalami kepadatan tinggi.

Andrias Indra, VP Network Operation Management Telkomsel mengatakan penambahan kapasitas di BTS 4G dilakukan di sejumlah titik jalur mudik karena kapasitas 3G dirasa tak mampu mengkover trafik yang padat.

"Apalagi kalau mudik biasanya bakal terjadi macet dan kepadatan trafik lalu lintas. Mereka pasti bakal akses internet, streaming, dan main media sosial. Bandwith-nya tak cukup kalau cuma andalkan 3G," ujar Andrias di paparan Persiapan Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2017 di Malang, Kamis (18/5/2017).

Sejumlah titik yang diramalkan bakal padat pemudik adalah Jalan Tol Brebes atau Brebes Exit. Jika mengacu pada Lebaran tahun lalu, kemacetan sempat terjadi selama berhari-hari di jalur tersebut.

"Karena sulit untuk prediksi kemacetannya, kami juga menambah kapasitas 4G di tol-tol baru. Kami tak mau terjadi seperti Brexit lalu. Pada jalur Surabaya-Malang, kami juga perkuat sinyal 4G agar stabil dan tidak putus-putus," ungkap Andrias.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada Lebaran kali ini, Telkomsel melakukan sejumlah persiapan, seperti memperkuat dan menambah kapasitas serta melakukan uji jaringan (network drive test) di sejumlah area.

Telkomsel menggelar uji jaringan rute Surabaya-Malang yang meliputi jalur kereta api Jawa lintas utara dan selatan, jalur lintas Jawa (main road) dari Pelabuhan Merak, Banten hingga Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan mngatakan ada tujuh kota yang menjadi fokus penguatan jaringan mengingat ketujuhnya adalah
kota yang menjadi kota tujuan pemudik selama Lebaran. Ke-7 kota itu antara lain Medan, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar.

“Secara total, kami menempuh jarak sejauh 11.000 km pada uji jaringan tahun ini. Untuk jalur mudik lintas Sumatera, seperti Padang, Bengkulu, dan Medan, uji jaringan dilakukan sepanjang 6.817 kilometer dengan penambahan 112 kilometer area dari uji jaringan tahun lalu," jelasnya.

Telkomsel melakukan sejumlah persiapan demi mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi dengan mengoperasikan 89 BTS mobile (COMBAT), kapasitas internet sebesar 1687 GBPS kapasitas, dan 1.990 BTS baru (614 unit BTS 3G dan 1.376 unit BTS 4G).

(Cas/Isk)

Artikel Selanjutnya
Agustus, Kemen-PUPR Mulai Siapkan Jalur Selatan untuk Mudik 2018
Artikel Selanjutnya
Kadishub DKI: Jumlah Pemudik Sepeda Motor Menurun