Sukses

Skyscanner Beberkan Daftar Tiket Pesawat Termurah Sepanjang 2017

Prediksi harga tiket pesawat ini didasari oleh data yang sudah dikumpulkan dalam dua tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua pecinta traveling memiliki budget lebih. Maka dari itu, banyak dari mereka yang memburu tiket pesawat dengan harga murah.

Untuk mengakomodasikan hal itu, mesin pencarian travel global Skyscanner membeberkan serangkaian data yang dirancang untuk membantu wisatawan Indonesia menghemat biaya perjalanan domestik sepanjang 2017.

Menurut Skyscanner, data ini didasari pada pola harga selama dua tahun terakhir dan merupakan indikator yang layak untuk prediksi harga tiket tahun ini.

Skyscanner mengklarifikasi, harga yang ditunjukkan di bawah ini merupakan rata-rata tarif penerbangan di seluruh bandara lokal Indonesia menuju lokasi yang tercantum pada skema dan grafik.

“Kami yakin bahwa panduan evolusi harga ini dapat membantu wisatawan domestik Indonesia berhemat. Bila mereka memanfaatkan panduan ini, mereka dapat mengalokasikan lebih banyak budget untuk pengalaman wisata yang lebih maksimal di lokasi,” jelas Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager Skyscanner.co.id melalui keterangannya, Jumat (19/5/2017) di Jakarta.

Yulianto menyebut, prediksi ini didasari oleh data yang sudah dikumpulkan dalam dua tahun terakhir. Oleh karena itu, wisatawan domestik dapat menggunakan prediksi ini untuk mendapatkan tarif paling ekonomis ketika merencanakan liburan selanjutnya.

Bagi wisatawan yang membeli tiket pulang-pergi ke Jakarta, data ini menempatkan bulan Juli sebagai momen termurah untuk tiket penerbangan domestik. Skyscanner memprediksi biaya pulang-pergi ke Jakarta pada Juli berkisar Rp 2,1 juta.

Mengenai Praya (Lombok), saat paling ekonomis untuk menjalani penerbangan domestik adalah pada Oktober, di mana harga tiket pulang-pergi Praya (Lombok) akan mencapai Rp 2,05 juta.

Untuk harga tiket pulang-pergi berkisar Rp 1,3 juta, September adalah waktu paling ekonomis untuk terbang ke Surabaya. Data untuk Medan juga menunjukkan hal serupa. Harga paling ekonomis diperkirakan mencapai titik terendah pada September dengan tarif Rp 1,7 juta.

Oktober akan menjadi saat terbaik untuk membeli tiket pulang-pergi ke Makassar, di mana harga rata-rata diprediksi mencapai angka Rp 1,4 juta. Di lain sisi, momen ekonomis berikutnya untuk terbang ke Semarang akan datang pada September dengan harga Rp 1,2 juta.

Dari refleksi data tarif penerbangan selama dua tahun terakhir, Skyscanner memprediksi tarif penerbangan ke Padang akan mencapai titik terendah pada Oktober, dengan harga mencapai Rp 1,5 juta.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.