Sukses

Instagram Sering Bikin Anak Muda Depresi Ketimbang Medsos Lain

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dianggap sebagai media sosial yang paling sering membawa dampak buruk bagi kondisi mental anak muda. Demikian menurut sebuah hasil riset terbaru.

Berdasarkan studi yang dilakukan Royal Society for Public Health Inggris (RSPH), aplikasi berbagi foto dan video singkat milik Facebook ini sekarang sudah memiliki 700 juta pengguna di seluruh dunia.

Instagram dianggap sebagai platform medsos yang sering membuat anak muda depresi, cemas, dan kesepian dibandingkan dengan medsos lainnya.

Mengutip laman CNBC, Sabtu (20/5/2017), dalam survei dengan 1.500 responden berusia 14-24 tahun, ditemukan bahwa Instagram membuat anak muda merasa harga dirinya rendah, kondisi tubuh yang buruk, dan kurang tidur.

Sementara kompetitor Instagram, Snapchat juga membuat penggunanya merasa terintimidasi dan kurang percaya diri sendiri.

CEO RSPH Shirley Cramer mengatakan, temuan Instagram dan Snapchat memberi dampak buruk terhadap kesejahteraan mental sungguh menarik. "Kedua platform sangat fokus pada citra diri, bagi anak muda tentu ini membuat mereka cemas," kata Cramer.

Meski begitu, perwakilan Instagram menyebut, pihaknya berdedikasi menjaga agar platform tetap jadi tempat yang aman. Ia menyebut, Instagram bekerja dengan para ahli untuk meningkatkan aplikasi guna memberikan dukungan pada kesehatan mental penggunanya.

"Kami menjaga agar Instagram menjadi tempat yang aman dan membuat orang nyaman ketika mengekspresikan diri mereka. Itu prioritas kami, terutama bila menyangkut anak muda," kata Head of Policy Instagram Michelle Napchan.

Meski media sosial membawa dampak negatif, salah satu peneliti di Univeristy of Chambridge Becky Inkster mengatakan, media sosial juga digunakan untuk berkomunikasi terkait kesehatan mental.

"Bagi kaum muda, media sosial dan teknologi digital merupakan sebuah alat untuk membantu kesehatan mental," tutur Inkster.

Berdasarkan hasil penelitian, sejumlah medsos yang punya dampak negatif bagi kesehatan mental anak muda, di antaranya adalah:

1. Instagram
2. Snapchat
3. Facebook
4. Twitter
5. YouTube

(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Gemas, 5 Akun Instagram Hewan Imut Ini Wajib Kamu Ikuti
Artikel Selanjutnya
Cindy Moore Ubah Dirinya Jadi Boneka Seks Hidup