Sukses

Cara Mengecek Status Situs Web Down atau Tidak

Untuk mengecek status apakah suatu situs web sedang down atau tidak, caranya mudah sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu jenis serangan siber yang cukup sering--juga mungkin terbilang cukup mudah--dilakukan adalah serangan DDoS (Distributed Denial of Service).

Ketika suatu situs web terkena serangan ini, situs web itu tidak akan bisa diakses (down). Namun, bukan berarti serangan DDoS adalah satu-satunya penyebab.

Terlepas dari itu, untuk mengecek status apakah suatu situs web sedang down atau tidak, caranya mudah sekali. Ada banyak pihak ketiga yang menawarkan layanan itu secara cuma-cuma alias gratis.

Beberapa penyedia layanan tersebut antara lain www.isitdownrightnow.com dan www.justdownforme.com. Bagaimana cara menggunakan layanan itu? Simak paparannya berikut ini:

Sebagai contoh kami menggunakan www.isitdownrightnow.com untuk memeriksa situs web Divisi Humas Polri, yakni http://humas.polri.go.id, yang diklaim oleh pemilik akun Instagram @army_anons, telah dilumpuhkan kemarin.

(Liputan6.com/M Wahyu Hidayat)

Buka situs www.isitdownrightnow.com, kemudian ketik http://humas.polri.go.id, dan klik "check". Tunggu beberapa saat.

Menurut informasi yang ditampilkan, lebih dari sebelas jam lalu situs web Divisi Humas Polri memang sempat down. Namun, saat ini situs web tersebut sudah kembali up, meski sedang dalam perbaikan rutin.

Nah, semudah itu saja cara melakukannya. Selamat mencoba! 

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.