Sukses

Cara Bongkar Identitas Pemilik Nomor Telepon

Liputan6.com, Jakarta - Kamu tentunya pernah menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal. Ini memang cukup menjengkelkan dan bikin penasaran, terlebih penelepon misterius tersebut sangat mengganggu privasi. 

Bila dengan cara memblokir belum cukup memuaskan kamu, berikut tips bagaimana cara melacak nomor telepon dan mengenali panggilan anonim yang menelepon kamu.

Pakai Aplikasi Truecaller: Caller ID & Dialer

Kamu bisa mengandalkan aplikasi bernama Truecaller: Caller ID & Dialer yang tersedia di Android, iOS, dan aplikasi berbasis web. Aplikasi ini mengklaim memiliki miliaran data base nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Jadi, selain mengenali panggilan masuk, kamu juga bisa mencari tahu panggilan yang tidak terjawab dan melakukan langkah seperti memblokir mereka.

Caranya unduh dan install aplikasi Truecaller: Caller ID & Dialer di smartphone kamu. Buka Truecaller dan login, kemudian kamu akan melihat ada empat tab utama: Calls, Search, Block, dan Contacts.

Pilih Search dan setelah itu kamu bisa melacak nomor telepon berdasarkan nomor atau nama.

Truecaller merupakan perusahaan asal Swedia dengan pengguna lebih dari 85 juta di seluruh dunia.

Ada banyak layanan serupa, tapi Truecaller merupakan salah satu yang paling dapat dipercaya dan memberikan informasi benar berdasarkan identitas asli, serta mampu menampilkan nama penelepon.

1 dari 2 halaman

Truecaller Versi Web

Selain di Android, kamu juga bisa menggunakan Truecaller sebagai aplikasi web, yang dapat kamu buka di browser. Caranya buka situs Truecaller dari browser di komputer kamu.

Lalu Pilih negara dan jangan lupa sign in atau daftar jika belum punya akun Truecaller. Kemudian cari berdasarkan nomor telepon.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Artikel Selanjutnya
Bikin Mudik Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini
Artikel Selanjutnya
Niantic Ungkap Cara Baru Permalukan Cheater di Pokemon Go