Sukses

Penelitian: Ketagihan Pakai Smartphone Kian Meningkat Tiap Tahun

Menurut sebuah penelitian, pengguna smartphone makin ketagihan ponsel. Jumlah waktu penggunaan smartphone per harinya pun meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal smartphone? Rasanya tak ada orang kota yang tak menggunakan smartphone saat ini. Di berbagai tempat, pengguna selalu memainkan smartphone mereka untuk berbagai kebutuhan.

Namun, tahukah kamu bahwa tingkat ketagihan orang akan smartphone kian meningkat tiap tahunnya?

Hal ini terungkap berdasarkan hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga penelitian Statista sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Business Insider, Sabtu (27/5/2017).

Menurut hasil penelitian, ditemukan bahwa pengguna menghabiskan waktu lebih lama saat menggunakan perangkatnya. Hasil penelitian juga menyebut bahwa di berbagai negara, rata-rata pengguna smartphone menghabiskan waktu satu jam menggunakan ponselnya.

Sering kali juga lebih lama dari itu, seperti yang dilakukan rata-rata pengguna smartphone di Brasil yang memakai ponsel hingga 5 jam dalam sehari.

Pada beberapa negara yang diteliti oleh Statista, jumlah waktu yang yang dihabiskan pengguna ponsel untuk memakai perangkatnya terus meningkat tiap tahunnya. Statista membandingkan rerata waktu penggunaan ponsel pada 2012 dan 2016 yang mengalami peningkatan signifikan.

Di negara Amerika Serikat misalnya, rata-rata pengguna ponsel menghabiskan waktu lebih dari dua jam di depan ponsel dibandingkan tahun 2012, yakni sekitar 1 jam.

Dengan perkembangan teknologi smartphone yang kian inovatif dibanding sebelumnya, sangat mungkin bagi pengguna menghabiskan waktu lebih lama di depan smartphone-nya. Misalnya saja dengan berkembangnya artificial intelligence (AI), augmented reality, dan teknologi lainnya.

Infographic: Smartphone Addiction Tightens Its Global Grip | Statista

Berbagai fitur pun membuat orang betah menghabiskan banyak waktu di depan smartphone dan tak bisa lepas dari perangkat itu.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.