Sukses

Ini Fitur Penting Aplikasi Perlindungan Anak Online PandawaCare

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) baru saja merilis aplikasi perlindungan anak online, PandawaCare. Untuk saat ini PandawaCare baru tersedia untuk smartphone berbasis Android.

Ada beberapa fitur penting yang disematkan pada PandawaCare untuk perlindungan anak dan keluarga, tiga di antaranya yaitu Monitoring GPS, Tombol SOS, dan Alarm bahaya.

Selain ketiga fitur tadi, pada aplikasi ini juga terdapat menu Pengaduan Online, Konseling Online, dan Portal Berita Anak Indonesia.

Monitoring GPS disediakan bagi para orangtua yang ingin memantau posisi anak-anaknya. Setiap orangtua bisa menambahkan tiga anggotanya, misalnya istri dan dua anaknya. Fitur ini penting untuk menghindari kejahatan seperti penculikan dan traficking atau hilang.

Tombol SOS (SOS Panic Button) disediakan jika anak membutuhkan pertolongan darurat. Jika tombol SOS ini diklik, maka secara otomatis pelapor akan diminta untuk memotret kejadian dan foto diri (selfie) serta isi laporan. SOS akan mengirim tanda bahaya ke semua anggota pengguna.

Sementara itu tombol Alarm berfungsi untuk membunyikan nada berfrekuensi tinggi untuk meminta pertolongan atau memancing perhatian orang di sekitar pengguna ketika dalam bahaya atau diperlukan.

Pada aplikasi pengguna juga bisa memasukkan pengaduan lewat menu Pengaduan Online sehingga akses pengaduan bisa lebih diperluas. Setiap pengaduan yang dikirim melalui aplikasi ini akan diteruskan secara langsung ke Bagian Pengaduan Online di KPAI untuk diproses lebih lanjut.

Lalu ada menu Konseling Online. Fitur ini disediakan bagi anak-anak dan keluarga yang membutuhkan konsultasi dengan konselor atau psikolog terkait persoalan pribadi atau masalah keluarga yang berpotensi berpengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.

Aplikasi PandawaCare juga dilengkapi dengan portal berita anak. Media online ini secara khusus memfokuskan diri pada pemberitaan tentang anak, problematika, interaksi anak serta berbagai tips parenting dan pendidikan anak.

(Dew/Isk)

Artikel Selanjutnya
Ini 3 Hal yang Patut Kamu Ketahui Soal Android Oreo
Artikel Selanjutnya
6 Tips Keamanan yang Perlu Diperhatikan Pengguna Mobile Banking