Sukses

3 Tips Mudah Meningkatkan Kinerja RAM pada Android

Liputan6.com, Jakarta - Kalau kamu menggunakan sebuah smartphone Android dan kadang ponsel kamu terasa lebih lambat alias lemot dibandingkan biasanya, ada kemungkinan kapasitas RAM (random access memori) ponsel sudah makin sempit.

Sekadar diketahui, RAM dipakai untuk menyimpan aneka data dari aplikasi yang masih aktif. Dengan begitu, aplikasi bisa diakses dengan cepat oleh prosesor. Bisa dikatakan, RAM adalah ruang penyimpanan sementara yang membuat pengguna bisa mengakses banyak hal dan membuat smartphone jadi multitasking.

Oleh karena itu, jika kapasitas RAM makin sempit, kinerja ponsel dalam memproses perintah pengguna makin melambat. Contohnya, saat kamu ingin membuka aplikasi Facebook, prosesnya akan lebih lambat dibanding biasanya.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Berikut adalah sejumlah tips membuat RAM lebih lega.

1. Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper

Personalisasi smartphone dengan menambahkan widget dan live wallpaper memang membuat tampilan ponsel jadi lebih personal. Meski begitu, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip Android Pit, Senin (29/5/2017), widget dan live wallpaper menghabiskan space RAM. Alih-alih menjadi lebih cepat, sering me-refresh perangkat justru menguras baterai.

Oleh karena itu, langkah yang tepat dilakukan adalah membatasi penggunaan widget dan menonaktifkan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disable Application

2. Disable Application

Beberapa aplikasi memang memakai kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tak digunakan. Karenanya, kamu bisa memilih aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone pun akan meningkat.

Untuk menonaktifkan aplikasi, kamu bisa masuk ke Setting, kemudian memilih menu Application Manager. Selanjutnya, kamu akan masuk ke daftar seluruh aplikasi yang dipasang pada Android-mu.

Jangan coba-coba untuk menonaktifkan semua aplikasi. Usahakan memilih aplikasi yang jarang dipakai, atau kalau memang tak pernah dipakai lebih baik meng-uninstall-nya.

 

3 dari 3 halaman

Disable Annimation

3. Disable Annimation

Animasi seringkali memakan banyak memori RAM, untuk menonaktifkannya, kamu harus masuk ke Developer option, caranya masuk ke Setting lalu pilih About Phone.

Selanjutnya ketuk Build Number sekitar tujuh kali hingga ponsel memberikan notifikasi bahwa pengguna sudah menjadi developer.

Setelah bagian ini selesai, kamu bisa masuk ke Setting ponsel, kemudian geser ke bawah untuk menemukan Developer Options.

Selanjutnya, kamu bisa masuk ke Drawing section dan matikan opsi tersebut. Beberapa opsi yang bisa dinonaktifkan di antaranya adalah Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.