Sukses

Ini Spesifikasi Xiaomi Jason, Versi Terjangkau dari Mi 6?

Spesifikasi Mi 6 versi terjangkau, Mi 6c, dengan kode nama Jason beredar di internet.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menghadirkan Mi 4c pada 2015, Xiaomi mulai memperkenalkan deretan ponsel flagship dalam versi terjangkau melalui model "c".

Tahun lalu, Xiaomi meluncurkan Mi 5c sebagai model terjangkau dari ponsel premium Mi 5. Tahun ini, perusahaan Tiongkok itu dilaporkan akan menghadirkan Mi 6c.

Mengutip Phone Arena, Senin (29/5/2017), sebuah ponsel yang dipercaya sebagai Mi 6c telah muncul di laman pengujian benchmark GFXBench baru-baru ini.

Tak dijelaskan detail nama Mi 6c, dalam pengujian diketahui smartphone Xiaomi selanjutnya memiliki kode nama Xiaomi Jason. Jika kamu menduga nama Jason diambil dari film "Friday the 13th", mungkin kamu akan mengira kalau Mi 6c akan dirilis pada Jumat, 13 Juni 2017. Namun belum ada konfirmasi perusahaan untuk hal ini.

Menurut laman GFXBench, ponsel berkode nama Jason itu memiliki layar 5,1 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel. Kemungkinan Mi 6c Jason akan diperkuat dengan prosesor Snapdragon 660 yang merupakan chipset mid-range terbaru Qualcomm.

Chipset ini dirilis dengan CPU octa-core dan clock speed 2.2GHz serta grafis pemrosesan Adreno 512 GPU. Seperti versi Mi 6, Jason juga akan ditopang RAM 6GB dan memori internal 64GB.

Kemampuan fotografinya didukung kamera 11MP dengan kamera selfie 3MP yang mendukung video chat. Tak hanya itu, handset ini juga dikabarkan menjalankan OS Android versi 7.1.1 (Nougat).

Jika spesifikasi di atas benar, perbedaan utama Mi 6 dan ponsel yang diduga sebagai Mi 6c di antaranya adalah chipset-nya. Pada Mi 6 dibenamkan chipset Snapdragon 835, sedangkan pada Mi 6c tersemat Snapdragon 660.

Meski begitu, sebenarnya itu bukan masalah, sebab dari hasil pengujian performa Snapdragon 660 akan memberikan masa pakai yang lebih tinggi dibanding pendahulunya. Selain itu, kamera depannya memiliki perbedaan, jika pada Mi 6 kamera utamanya 8MP, kamera Mi 6c beresolusi 3MP.

Tentunya, dari segi harga pun akan ada perbedaan. Mi 6c diperkirakan lebih murah dibandingkan Mi 6. Sayangnya, belum ada kepastian apapun mengenai kebenaran kode nama Jason maupun Mi 6c. Selain itu belum diketahui pula kapan Xiaomi merilis ponsel ini serta harganya di pasaran. 

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.