Sukses

Seberapa Tahan iPhone Generasi Pertama Terhadap Siksaan Ekstrem?

Liputan6.com, Jakarta - iPhone versi terbaru, baik itu iPhone 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, 7 hingga 7 Plus cukup tahan banting saat diuji ketahanannya. Namun bagaimana dengan iPhone pertama alias iPhone 2G yang dirilis 10 tahun lalu?

Melalui sebuah video milik Zack Nelson yang diunggah di laman berbagi YouTube JerryRigEverything, ia menunjukkan kondisi saat iPhone yang dirilis pada 2007 itu diuji ketahanannya dengan berbagai jenis siksaan.

Menggunakan cutter, ia menyiksa perangkat yang terbuat dari bahan plastik dan logam itu dengan cara menggores bodinya, membakar layarnya dengan korek gas hingga mencoba mematahkannya.

Siksaan pertama adalah menggores layar yang dilengkapi Gorilla Glass generasi pertama. Pada dasarnya, layar tempered glass tersebut sudah tergores saat digores dengan kekuatan 6 Mohs. Sementara itu, pada bagian earpiece cukup sulit dirusakkan meski dengan ujung cutter.

Selanjutnya, bagian bawah belakang ponsel yang terbuat dari plastik dan begitu mudah tergores. Sementara pada bagian bodi yang terbuat dari logam, tampak sulit digores. Meski begitu, tetap saja kalau menggoresnya terlalu dalam, bagian tersebut tetap menimbulkan tanda goresan.

Kamera utama 2MP saat digores dengan benda tajam juga cepat tergores lantaran masih terbuat dari bahan plastik.

Tak hanya itu, layar 3,5 inci LCD diuji dengan cara dibakar menggunakan korek gas. Layar dengan resolusi 320 x 480 piksel itu tampak menghitam setelah dipanaskan dengan api, namun segera kembali normal sesaat setelah pengujian.

Saat dicoba dibengkokkan, ponsel dengan bodi yang terbuat dari bahan campuran plastik dan logam itu tampak kuat dan tak mudah patah.

Penasaran bagaimana hasilnya saat iPhone pertama disiksa? Saksikan dalam video berikut ini.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.