Sukses

XL Gandeng Aplikasi Ayobaca.in Hadirkan Buku Audio bagi Tunanetra

XL Axiata bekerja sama dengan aplikasi Ayobaca.in menghadirkan buku audio bagi penyandang tunanetra.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk bekerja sama dengan penyedia aplikasi Ayobaca.in untuk menyediakan buku digital berbasis audio yang mendukung spesifikasi khusus bagi kalangan difabel. Kerja sama turut dipicu oleh terbatasnya ketersediaan akses buku braille di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, Ayobaca.in menjadi aplikasi pertama di Indonesia yang mengonversi buku konvensional menjadi buku audio serta melibatkan masyarakat sebagai pembaca sukarelawan.

"Pendidikan adalah hal utama bagi kemajuan sebuah bangsa. Seluruh masyarakat, termasuk para penyandang difabilitas berhak memperolehnya," ujar Chief Corporate Affair Officer XL Axiata, Eka B Danuwirana dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com.

Berdasarkan data Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) pada 2016, ada 3,7 juta penyandang tunanetra di Indonesia. Ketersediaan buku braille di Indonesia tergolong sedikit dengan harga yang tidak murah.

Sekadar informasi, aplikasi Ayobaca.in adalah hasil buah karya sekelompok mahasiswa Indonesia yang diprakarsai oleh Deka K Yogyantara, Razii Abraham, Claristy, Debora Valentini Ginting, dan Ferry Fernando yang juga alumni Program XL Future Leaders (XLFL) angkatan ke-3, serta ada mahasiwa di luar XLFL, yakni Velta Azizah Destian dan Risyad Ridho Hasbullah.

Ayobaca.in diklaim sebagai aplikasi pertama di Indonesia yang mengonversi buku konvensional menjadi format buku audio. Adapun jenis bacaan yang tersedia buku pelajaran sekolah atau buku teks, buku ilmiah, modul, komik, dan novel.

Aplikasi ini sudah bisa dapat diunduh di Google Play Store bagi pengguna smartphone Android 4.0 ke atas. Namun, aplikasi ini juga bisa diakses melalui situs www.ayobaca.in. Pengguna iOS harus bersabar karena baru akan tersedia bulan depan.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.