Sukses

Tak Cuma Ramadan, Google Juga Siapkan Fitur Anyar untuk Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membuat kegiatan sepanjang Ramadan kian produktif, Google merilis sejumlah pembaruan fitur pada layanannya. Fokus fitur terbaru ini ditujukan untuk Google Search, Google Maps, Google Play, dan YouTube.

Setelah menjabarkan fitur baru untuk Ramadan, Google pun tak ketinggalan ingin memperkenalkan pembaruan fiturnya untuk menunjang aktivitas menjelang mudik dan lebaran.

Sama halnya seperti Ramadan, fitur-fitur ini juga termasuk dalam program kampanye Google bertajuk #GoogleTemanRamadan.

"Hari ini, Google menghadirkan beragam fitur terbaru yang dapat dimanfaatkan melalui smartphone sebagai teman yang dapat membantu pengguna Indonesia terkait apa yang mereka butuhkan selama bulan Ramadan," ujar Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Lebih lanjut ia menambahkan, "kami memperkenalkan fitur terbaru dari Search, Maps, Play, dan YouTube untuk menjadi teman di empat momen terpenting Ramadan, yaitu teman puasa, ngabuburit, mudik, dan hari raya."

Google Maps

Untuk Google Maps, jika pada Ramadan pengguna akan disuguhkan fitur baru "Book a Table", mereka juga akan mendapatkan fitur yang bisa dioptimalkan menjelang lebaran. Di antaranya fitur pencarian masjid terdekat.

"Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mencari masjid terdekat, hasil pencarian masjid tentunya akan sangat lengkap. Jadi, di sepanjang perjalanan mudik, pengguna tak perlu repot dan bingung kalau mau sholat di mana," kata Mira Sumanti, Consumer Marketing Manager Google Search Indonesia pada kesempatan yang sama.

Selain itu, fitur baru lain di Google Maps adalah jadwal KRL real time. Fitur ini diklaim amat membantu pengguna yang ingin bertolak ke rumah sanak saudara pada Hari Raya, namun ingin menjajal transportasi umum seperti KRL.

"Pengguna bisa melakukan estimasi perjalanan agar tidak kena macet. Nah, jadwal KRL yang ditampilkan sangat real time. Jika di jadwal seharusnya kereta datang jam 11.25, Google akan mengestimasi kedatangan kereta yang sebenarnya pada 11.36," ia melanjutkan.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur sharing lokasi perjalanan kepada keluarga langsung dari Google Maps. Dengan fitur ini, pengguna tinggal langsung mengirim lokasi ke kontak sanak saudara tanpa harus repot keluar dari aplikasi Google Maps.

 

1 dari 3 halaman

YouTube

Tak hanya program konten khusus bertajuk “YouTube Ramadan Shelf”, YouTube juga menghadirkan doodle khusus dengan nama Youdle. Nah, Youdle kali ini akan menampilkan sejumlah gambar menarik yang bertemakan Ramadan dan Lebaran.

“Jadi, kalau pengguna klik logo Youdle, mereka otomatis akan diantarkan ke konten YouTube Ramadan Shelf. Desain Youdle berubah-ubah, ini akan terus berlangsung sampai lebaran,” kata Putri Silalahi, Head of Product Communications Google Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Google Photos

Fitur terbaru pada Google Photos juga diklaim sebagai salah satu fitur yang sangat membantu pengguna saat lebaran tiba, khususnya saat menikmati momen berfoto selfie bersama keluarga.

"Fitur ini memperkenankan pengguna dapat membuat album bersama dengan sharing foto. Berbagi foto dengan anggota keluarga bisa lebih cepat. Caranya, masuk ke aplikasi Google Photos, buka panel sebelah kiri dan pilih menu ‘Dibagikan’ atau Shared. Bikin judul albumnya, terus dibagikan dengan memasukkan nama kontak," terang Putri.

Tak hanya itu, Suggested Sharing—salah satu fitur anyar Google Phoyos yang diperkenalkan di Google I/O 2017—juga dapat membantu pengguna saat membagikan foto ke rekan keluarga.

Jika foto-foto kerap menampilkan wajah anggota keluarga yang dibagikan, ke depannya secara otomatis ia akan membagikan ke orang yang dimaksud tanpa harus memasukkan nama kontak lagi.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Modal kecil, Coba Jualan Online Berikut Ini
Artikel Selanjutnya
Cerita Pemenang THR Ramadan Festival Berhadiah Iphone 7 Plus