Sukses

Celah Siri Mungkinkan Pengguna Matikan Koneksi Data iPhone?

Sebuah celah di Siri iPhone rupanya memungkinkan pengguna untuk mematikan koneksi data tanpa harus membuka kunci iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Mengaktifkan Passcode atau sandi untuk mengunci iPhone memang bertujuan menghindarkan orang lain membuka iPhone lalu mencuri berbagai informasi di dalamnya. Terutama data yang berhubungan dengan informasi finansial milik pengguna iPhone.

Kali ini, sebuah celah ditemukan pada Siri. Meski celah itu tak menimbulkan masalah serius seperti kehilangan informasi finansial, celah pada Siri memungkinkan pengguna mematikan koneksi data pada iPhone.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (31/5/2017), celah itu ditemukan oleh seorang pengguna Reddit. Dengan celah itu, siapapun bisa memutus koneksi data tanpa membuka kunci iPhone dengan Passcode.

Jika kamu meminta Siri untuk menonaktifkan koneksi data pada sebuah iPhone yang menjalankan iOS 9 hingga iOS 10.3.3 beta, Siri akan memberitahukan bahwa pengguna harus memasukkan Passcode untuk iPhone tersebut. Tidak ada yang salah dengan itu.

Namun, jika pengguna bertanya pada Siri mengenai pengaturan data seluler dan statusnya rupanya ada bug yang mengambil alih.

Bug tersebut menunjukkan tombol gulir yang memungkinkan pengguna (atau siapapun) untuk mematikan koneksi data seluler jika ponsel dalam kondisi terhubung dengan data. Sementara jika ponsel tak terhubung paket data, Siri juga bisa membantu mengaktifkannya.

Semua itu bisa dilakukan dengan bantuan Siri, tanpa pengguna perlu memasukkan Passcode ke iPhone untuk membuka kunci. Kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena ada celah pada Siri.

Jangan khawatir, tentu hal ini tak akan berpengaruh pada data-data yang tersimpan pada ponsel pengguna.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.