Sukses

3 Fitur di Smartphone Jadul yang Kini Tinggal Kenangan

Tiga fitur di smartphone dan ponsel jadul ini kini hanya tinggal kenangan di smartphone. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi membuat berbagai inovasi, salah satunya dalam hal desain smartphone. Pengguna ponsel pasti sadar kalau sejumlah perbedaan saat kamu menggunakan ponsel pertama kali dengan saat ini.

Memang, desain smartphone sekarang jauh lebih keren. Layar ponsel saat ini juga jauh lebih besar, gambarnya lebih jernih, dan sederetan perbaikan lainnya dibanding saat kamu pakai smartphone pertama kalinya.

Namun, sadarkah kamu ada beberapa fitur smartphone jadul yang tak ditemui pada smartphone terbaru yang dirilis dua tahun belakangan ini?

Mengutip laporan Phone Arena, Selasa (30/5/2017), Tekno Liputan6.com akan mengingatkan apa saja fitur-fitur smartphone jadul yang kini tinggal kenangan.

1. Baterai yang bisa diganti

Ingatkah kamu bahwa kebanyakan ponsel maupun smartphone jadul selalu bisa dibuka kover belakangnya dan baterainya pun bisa diganti bila mengalami kerusakan.

Sayangnya, inovasi smartphone justru membuat vendor ponsel menghadirkan konsep smartphone unibodi, alias kover belakangnya tak bisa dibuka.

Meski hal ini bisa menghadirkan kemampuan waterproof, baterai smartphone pun tak bisa lagi diganti jika rusak atau menggelembung.

Selain itu, dengan desain unibodi pengguna tak bisa lagi mencabut baterai kalau software ponsel sedang crash.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keyboard Qwerty

2. Keyboard Qwerty

Memang masih ada smartphone premium yang mengusung keyboard Qwerty, BlackBerry KeyOne salah satunya. Namun, apakah kamu menemukan satu merek smartphone dengan chipset high-end yang masih menghadirkan keyboard Qwerty? Tentu tidak ada.

Absennya keyboard Qwerty mungkin disayangkan oleh sebagian orang, sebab mengetik dengan keyboard Qwerty lebih jarang typo dibandingkan dengan keyboard virtual di layar sentuh.

3. Pemancar FM

Salah satu fitur yang dimiliki oleh kebanyakan ponsel dan smartphone jadul adalah pemancar FM atau FM transmitter yang membuat ponsel punya aplikasi radio.

Sayangnya, kebanyakan smartphone saat ini tak memiliki pemancar FM sehingga tak ada lagi opsi radio di smartphone.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.