Sukses

Google Doodle Tampilkan Zaha Hadid dan Gedung Unik, Siapa Dia?

Google hari ini memajang sosok wanita bernama Zaha Hadid yang berdiri di depan sebuah gedung unik, siapakah dia?

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu buka laman Google, hari ini Rabu (31/5/2017), kamu bakal menemukan doodle seorang wanita dengan rambut berombak dan sebuah bangunan yang bentuknya sangat unik. Siapa dia?

Ia adalah arsitek wanita bernama Zaha Hadid yang terkenal dengan berbagai rancangan modernnya. Bangunan-bangunan yang dirancang Zaha Hadid memang begitu menarik perhatian dunia, terutama penggunaan material kaca pada bangunan hasil rancangannya.

Google memberikan penghormatan untuk Zaha Hadid melalui Google doodle hari ini. Salah satu alasannya karena wanita kelahiran 31 Oktober 1950 ini adalah wanita pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi di bidang arsitektur, Pritzker Architecture Prize pada 2004. 

Mengutip laman Google Doodle, Zaha Hadid yang lahir di Kota Baghdad, Irak ini mempelajari tentang seni dan arsitektur abstrak di Architectural Association di London. Dalam pembelajarannya, ia menemukan inspirasi pada bangunan berbentuk tidak konvensional.

Sebelum menggunakan komputer untuk membuat desainnya lebih mudah dipasang di atas kertas, studio Hadid dikenal memakai mesin foto kopi untuk membantu menciptakan model rancangannya. Google memilih Zaha Hadid jadi model doodle hari ini lantaran terinspirasi dengan kreativitas Zaha Hadid dalam mengeksplorasi berbagai bentuk dan fungsi.

Ia dikenal karena selalu menggunakan lanskap sekitarnya sebagai inspirasi saat membuat sebuah bangunan. Misalnya saja, saat merancang garis lurus dan sudut tajam Vitra Fire Station di Jerman, ia terinspirasi lahan pertanian dan kebun anggur di dekat lokasi Vitra Fire Station.

Dalam doodle, Zaha Hadid tampak berdiri di depan bangunan yang dirancangnya, yakni Heydar Aliyev Center di Kota Baku, Azerbaijan. Bangunan Heydar Aliyev Center ini memiliki struktur berbeda dengan blok yang mengelilinginya. Bangunan yang berfungsi sebagai pusat kebudayaan ini kabarnya terinspirasi dari desain sejarah Islam yang ditemukan dalam kaligrafi dan pola geometris.

Beberapa rancangan Zaha Hadid yang terkenal di antaranya adalah Heydar Aliyev Center, London Aquatics Centre di Stratford Inggris, Maxxi Museum di Roma Italia, Guangzhou Opera House di Guangdong Tiongkok, hingga Dongdaemun Design Plaza di Seoul Korea Selatan.

Zaha Hadid meninggal dunia 31 Maret 2016 di Miami Amerika Serikat. Kini, masih ada satu bangunan rancangannya yang dijadwalkan selesai pada 2025, yakni sebuah gedung pencakar langit yang akan dibangun di 666 Fifth Avenue, Kota New York.

"Hari ini, kami merayakan kontribusi Zaha Hadid selama hidupnya ke dunia arsitektur. Terima kasih Zaha Hadid atas semua yang Anda lakukan," demikian tulis Google untuk Doodle Zaha Hadid.

 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini