Sukses

Bos Amazon Bakal Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya?

Kenaikan saham Amazon ikut mendongkrak kekayaan Jeff Bezos sehingga dia diprediksi bisa merebut status orang terkaya dari Bill Gates

Liputan6.com, Jakarta - Bos Amazon, Jeff Bezos disebut-sebut bisa menggeser posisi pendiri Microsoft, Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Informasi ini diketahui setelah harga saham e-Commerce asal Amerika Serikat itu merangsek naik hingga US$ 1.000.

Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaire Index, kondisi itu membuat nilai kekayaan pria 53 tahun tersebut meningkat hingga US$ 85,1 miliar saat penutupan Jumat lalu.

Untuk informasi, kekayaan Gates sendiri saat ini diperkirakan mencapai US$ 88,8 miliar. Karenanya, jika harga saham Microsoft tetap atau turun, Bezos hanya membutuhkan sekitar US$ 3,8 miliar untuk melampaui nilai kekayaan Gates.

Dikutip dari laman CNBC, Kamis (1/6/2017), harga saham Amazon sebenarnya dilaporkan terus naik pada Selasa lalu. Hal itu membuat nilai kekayaan Bezos bertambah sekitar US$ 340 juta, sehingga dia kini hanya membutuhkan sekitar US$ 3,5 miliar untuk menjadi orang terkaya di dunia.

Menurut perhitungan, untuk dapat menjadikannya orang terkaya di dunia, harga saham Amazon diperkirakan harus mencapai US$ 1.042. Namun untuk saat ini, masih ada perbedaan perhitungan mengenai total keseluruhan kekayaan antara Gates dan Bezos dengan selisih kekayaan yang relatif sama. 

Kendati demikian, perlu diingat masih ada sejumlah faktor lain yang membuat prediksi ini tak terjadi. Salah satunya adalah saham Microsoft yang tiba-tiba melejit, sedangkan Amazon terjadi hal sebaliknya yang membuat Bezos harus berjuang lebih keras.

Terlepas dari faktor tersebut, Amazon memang tengah berkembang dengan pesat. Karena itu, sejumlah analis memperkirakan Bezos dapat mengambil tampuk kepemimpinan Gates sebagai orang terkaya dalam hitungan bulan.

Apabila hal ini benar-benar terjadi, Bezos akan menjadi orang pertama yang berhasil menggantikan Gates setelah Carlos Slim pada 2010 sebagai orang terkaya. Berdasarkan data Forbes, Gates memang telah mendominasi daftar orang terkaya selama 25 tahun terakhir, dengan 18 kali di antaranya berada di urutan teratas.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.