Sukses

Hari Pancasila, #SayaIndonesiaSayaPancasila Bergema di Twitter

Peringatan Hari Lahir Pancasila juga menduduki peringkat trending topic Twitter di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis, 1 Mei 2017, juga diperingati di dunia maya. Media sosial yang paling banyak digaungkan oleh netizen untuk memperingati momen sakral tersebut tak lain adalah Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com hingga berita ini naik, terbukti peringatan Hari Pancasila mendominasi trending topic di Tanah Air. Ada beberapa tagar dan keyword seputar Hari Lahir Pancasila yang menduduki peringkat trending topic. Apa saja?

Tagar #SayaIndonesiaSayaPancasila singgah di posisi pertama, menyusul tagar #SenasibSepenanggungan, Hari Lahir Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, hingga Lahirnya Pancasila bertengger di posisi terpopuler.

Berikut cuitan-cuitan netizen terkait Hari Lahir Pancasila:

Hari Lahir Pancasila sendiri adalah momen awal di mana konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali digagas Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Saat Soekarno berpidato dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada 1 Juni 1945, ia menyampaikan gagasan tersebut dengan asas kelahiran pancasila. Menariknya, Soekarno tidak mempersiapkan pidatonya secara tertulis. Akhirnya, pidato tersebut diterima secara aklamasi oleh anggota Dokuritsu Junbi Cosakai.

Setelahnya, Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk panitia untuk merumuskan Undang-Undang Dasar yang berpedoman kepada pidato Soekarno. Dan akhirnya, Pancasila dinyatakan sebagai dasar negara Indonesia yang sah pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.