Sukses

Asus, HP, dan Lenovo Garap Laptop dengan Otak Snapdragon 835

Microsoft menggandeng Asus, HP, dan Lenovo untuk menggarap laptop dengan otak Qualcomm Snapdragon 835.

Liputan6.com, Taipei - Diwartakan sebelumnya, melalui kerja sama antara Microsoft dan Qualcomm, tercipta sebuah perangkat yang mampu menjalankan Windows 10 dengan dapur pacu Snapdragon 835.

Salah seorang petinggi Microsoft mengatakan, perangkat yang disebut sebagai Always Connected PC itu tidak kalah oleh perangkat yang menjalankan Windows 10 dengan dapur pacu lain.

"Windows 10 yang berjalan di Snapdragon 835 ini sama seperti Windows 10 yang berjalan di chipset lain," ungkap Pete Bernard, Principal Group Program Manager, Partner & Customer Engagement R & D kepada Tekno Liputan6.com, sehari sebelum pengumuman di Computex 2017 di Taipei, Taiwan.

Untuk saat ini, Microsoft menggandeng tiga OEM, yang akan menjadi mitra yakni Asus, HP, dan Lenovo. Ketiga perusahaan itu sepenuhnya memegang kendali dalam proses produksi, peluncuran, dan pemasaran.

"Kami tidak bisa memerintahkan mitra OEM. Kapan mereka akan luncurkan produk ini ke konsumen, itu tergantung (kebijakan dan kesiapan) mereka sendiri," jelas Pete.

Qualcomm meyakini, modem X16 LTE di Snapdragon 835 ini menawarkan kecepatan koneksi internet hingga 1Gbps untuk laptop ini. Hal itu diungkapkan oleh Don McGuire VP of Global Product, Qualcomm di sesi presentasi yang sama.

"Kecepatan ini tiga sampai tujuh kali lebih cepat daripada kecepatan rata-rata pita lebar di AS. Saat ini sejumlah operator telekomunikasi di banyak negara, ada yang sudah melakukan uji coba, deploy, baru mau uji coba, dan baru mau berencana menyediakan koneksi secepat ini," papar Don.

Dalam kesempatan terpisah, CEO Asus menuturkan, "Ekosistem PC terus mengalami perubahan dan di dunia komputasi mobile yang berkembang kian pesat, perlu inovasi baru. Kami yakin pengguna produk kami akan merasakan banyak keuntungan dari inovasi ini."

Sementara itu, Jeff Meredith, senior vice president and general manager, PCs and smart devices, consumer business segment, Lenovo, mengungkapkan, "Pengguna PC saat ini ingin perangkat dengan daya tahan baterai lebih lama dan kemampuan untuk terhubung ke intenet kapan pun, di mana pun, serta perangkat yang lebih ringan, praktis, dan portabel."

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.