Sukses

Apple Bakal Rilis Speaker Siri yang Bisa Bicara dengan Manusia

Pada ajang konferensi pengembang (WWDC), Apple dilaporkan akan merilis speaker Siri yang dapat berbicara dengan manusia seperti Google Home.

Liputan6.com, Jakarta - Apple sedang mengembangkan speaker Siri yang dapat ditempatkan di rumah sekaligus bisa diajak berbincang.

Saat ini, speaker Siri akan memasuki proses produksi. Speaker ini bisa digunakan untuk mendengarkan musik sekaligus bisa diajak berbicara. Dengan kemampuan ini, speaker ini bakal jadi saingan Google Home dan Amazon Echo.

Mengutip laman Independent, Jumat (2/6/2017), sebelum speaker, Apple telah menghadirkan teknologi Siri ke hampir semua produk besutannya. Sebut saja iPhone, Mac, hingga TV semuanya telah menghadirkan Siri. Untuk pertama kalinya, Apple berencana membuat produk yang spesifik mengusung Siri.

Sekadar diketahui, Bloomberg dalam laporannya menyebut speaker Siri sebenarnya telah lama dikembangkan oleh perusahaan namun baru diproduksi saat ini.

Kemungkinan besar speaker Siri bakal diumumkan pada konferensi pengembang Apple, Worldwide Developers Conference (WWDC) pekan depan. Meski diumumkan pekan depan, kecil kemungkinan speaker Siri akan tersedia di pasaran sebelum 2018.

Keunggulan Speaker Siri

Speaker Siri diprediksi akan lebih menonjol dibandingkan milik pesaingnya, Google Home dan Amazon Echo, sebab dalam penggarapannya, Apple memasukkan teknologi surround sound virtual dan menambah dukungan yang lebih baik.

Speaker Siri juga kemungkinan fitur tambahan termasuk fitur yang mampu mengukur akustik ruangan dan menyesuaikan suara sesuai keinginan. Fitur ini ditawarkan di speaker Sonos yang dijual di Apple Store. Perusahaan pun berupaya agar speaker-nya terdengar lebih baik dibandingkan produk Google dan Amazon.

Hadirnya speaker Siri memungkinkan pengguna untuk berada di dalam ekosistem Apple. Contohnya saja Google Home dan Amazon Echo tak bisa memutar musik dari Apple Music. Sementara, speaker Siri justru hanya bisa memutar musik dari Apple Music.

Bukan hanya bisa memutar musik dan menjawab pertanyaan pengguna, speaker Siri juga bisa membuat rumah dikendalikan secara otomatis. Misalnya dengan perintah menyalakan atau mematikan lampu, menghidupkan dan mematikan oven, dan berbagai perintah lainnya.

Menurut laporan, saat ini sejumlah petinggi Apple diam-diam sedang mulai mempersiapkan produksi speaker Siri. Seperti diketahui, Apple selalu bekerja keras meningkatkan kemampuan Siri dalam beberapa tahun terakhir.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.