Sukses

Aplikasi iOS Tumbuh Pesat, Pengembang Dapat Ratusan Triliun

Liputan6.com, Cupertino - Pasar aplikasi iOS diketahui terus tumbuh pesat, begitu pun 'bonus' yang didapat oleh para pengembang aplikasinya.

Diketahui, sejak App Store dirilis pada 2008, pendapatan pengembang aplikasi menyentuh nilai lebih dari US$ 70 miliar (setara dengan Rp 931 triliun) dan pada tahun lalu mereka kembali mendulang bonus US$ 20 miliar (Rp 266 triliun).

Total unduhan aplikasi App Store juga perlahan melejit. Apple mencatat, pertumbuhan aplikasi naik hingga 70 persen dalam 12 bulan. Jika dipecah, dari banyaknya aplikasi yang bertengger di App Store, kategori terpopuler adalah Gaming dan Entertainment.

Pertumbuhan pesat lain juga berasal dari kategori Lifestyle, serta Health and Fitness, dengan capaian pertumbuhan 70 persen. Sementara kategori aplikasi Foto dan Video juga tumbuh sebesar 90 persen. Demikian dikutip dari CNET, Jumat (2/6/2017).

"Total sebesar itu, bagi para pengembang aplikasi iOS, tentu sungguh luar biasa," kata Phil Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple.

"Kami benar-benar kagum dengan pencapaian besar ini. Semua tentu berkat aplikasi-aplikasi baru yang digarap pengembang. Apple tentu tak sabar melihat apa lagi yang akan dihadirkan di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017," ia melanjutkan.

Peningkatan unduhan ini salah satunya disebabkan oleh banyaknya aplikasi-aplikasi iOS yang cukup banyak diunduh pada 2016, seperti Pokemon Go dan Super Mario Run.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Aplikasi Google Search Versi Ringan Tengah Diuji Coba
Artikel Selanjutnya
Daftar Aplikasi yang Paling Menguras Baterai pada 2017