Sukses

Facebook Rombak Halaman Pengaturan Keamanan

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial Facebook mendesain ulang halaman pengaturan keamanan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat segalanya jadi lebih jelas dan aman bagi pengguna.

Bagi jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg cs, keamanan bukan hanya infrastruktur yang kuat, tetapi merupakan upaya memberi kemudahan bagi pengguna. Keamanan juga merupakan alat yang bisa membantu pengguna melindungi diri sendiri selama mengakses Facebook.

"Itulah sebabnya dalam beberapa minggu terakhir, kami meluncurkan sebuah halaman pengaturan keamanan baru yang memberi Anda kemudahan untuk mengontrol keamanan Anda di Facebook," kata Product Manager Facebook Protect and Care Heidi Shin dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (6/6/2017).

Berdasarkan riset yang melibatkan banyak orang, Shin mengatakan, ada dua hal yang menentukan pengaturan keamanan Facebook. Pertama adalah, perangkat keamanan harus mudah ditemukan. Selanjutnya adalah pengaturan keamanan harus mudah dipahami.

Untuk itu, saat pengguna mengakses halaman pengaturan mereka bisa melihat pilihan seperti autentikasi dua faktor dan "Kontak Terpercaya" di bagian paling atas pada bagian yang direkomendasikan.

"Fitur-fitur rekomendasi tersebut disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang. Kami juga mengelompokkan fitur sejenis menjadi sebuah modul, menyederhanakan tampilan sehingga mudah digunakan," kata Shin.

Sebelumnya, perangkat autentikasi dua-faktor Facebook bernama "peringatan masuk atau login approval". Setelah mendapat informasi melalui riset bahwa "autentikasi dua-faktor/ Two-factor authentication" merupakan istilah yang lebih dikenal, Facebook menyesuaikan namanya.

Facebook juga mendesain ulang modul "Di mana Anda login/ Where you're login" yang selama ini jarang diaktifkan pengguna. Untuk memudahkan pengguna, Facebook menggunakan format lebih sederhana.

Kini, fitur tersebut menampilkan perangkat, lokasi, dan tanggal serta waktu login untuk tiap perangkat/smartphone yang digunakan untuk login ke Facebook. Dengan begitu pengguna bisa melihat jika ada yang keliru.

Untuk menemukan pengaturan keamanan pada aplikasi Facebook, klik menu, pilih "Account Setting" kemudian "Security". Di sana, kamu akan menemukan berbagai pengaturan keamanan yang telah diubah Facebook menjadi lebih mudah.

Sementara, pada laman Facebook, klik tanda panah di bagian kanan atas pada layar Anda, pilih Pengaturan dan kemudian klik Pengaturan + Log in pada bagian kiri.

(Tin/Cas)

Artikel Selanjutnya
Gawat, Hacker Jual Email dan Nomor Telepon Pengguna Instagram
Artikel Selanjutnya
Ini Penjelasan Kemkominfo soal Pemblokiran Giphy.com