Sukses

Apple Konfirmasi MacOS Bakal Dukung SteamVR

Setelah lama tak mendukung VR, Apple mengumumkan bakal menambahkan dukungan SteamVR ke perangkat Mac.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini virtual reality (VR) di komputer baru bisa dinikmati para pengguna perangkat berbasis Windows dengan hardware Intel, AMD, dan Nvidia.

Bagaimana dengan pengguna Mac? Untuk mencicipi pengalaman dunia virtual ini, pengguna Mac harus mengganti perangkat mereka agar bisa menggunakan HTC Vive atau Oculus Rift.

Melalui pengumuman yang Apple lakukan di WWDC (Worldwide Developers Conference) 2017, perusahaan berbasis di Cupertino, California, AS ini bakal merambah teknologi VR untuk iPhone dan iOS. Demikian dikutip dari laman Venture Beat, Selasa (6/6/2017).

Sekadar informasi, SteamVR merupakan VR platform milik Valve yang bersifat open source. Platform ini memungkinkan VR headset dapat digunakan untuk bermain gim yang tersedia di Steam Store.

Dengan software ini, berbagai perangkat VR seperti HTC Vive, Oculus Rift, OSVR HDK 2.0, dan VR headset berbasis PC lainnya dapat digunakan di Mac.

Guna menjalankan gim-gim berbasis VR di Mac, Apple menambahkan dukungan untuk kartu grafis eksternal. Kabarnya, AMD siap memperkenalkan Radeon RX580 yang akan dihubungkan ke port Thunderbolt di Mac.

Mac bakal bisa jalankan konten VR ke depannya. (Doc: Ars Technica)

Saat ini eGPU (eksternal GPU) ini hanya tersedia bagi pengembang. Apple mengatakan berencana menyediakan kartu grafis tambahan ini bagi pengguna umum pada akhir tahun.

Selain itu, Apple juga meluncurkan dukungan Unity dan Unreal sebagai bagian dari grafis API Metal (serupa dengan DirectX di PC), yang akan memudahkan pengembang untuk melakukan porting gim-gim buatan mereka ke macOS.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.