Sukses

Review: LG G6, Paket Lengkap untuk Penggila Multimedia

Liputan6.com, Jakarta - LG baru saja memperkenalkan smartphone premium terbarunya untuk tahun ini, yakni G6. Smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur andalan yang lebih dulu hadir pada versi sebelumnya, seperti kamera ganda di G5 dan Quad-DAC di V20.

Adapun untuk dapur pacu, smartphone ini didukung Snapdragon 821 dan RAM 4GB. Khusus di Indonesia, LG G6 yang dipasarkan mendukung dual-SIM dan memiliki memori internal 64GB. 

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal fitur-fitur tersebut. Lantas, seperti apa kemampuan LG G6? Berikut ini ada ulasan singkat mengenai fitur andalan pada G6. 

Desain

LG G6 dapat dikatakan tampil dengan desain yang konvensional dengan gaya membulat di tiap sudutnya. Namun hal itu yang membuat smartphone ini menjadi lebih nyaman digunakan dan terlihat lebih sederhana.

LG G6

LG G6

 

Hadir dengan teknologi layar FullVision, smartphone yang sebenarnya memiliki layar 5,7 inci ini mampu tampil dengan ukuran bodi 5,2 inci. Hal itu juga didukung dengan penggunaan rasio yang tak biasa, yaitu 18:9.

Keduanya membuat smartphone ini menjadi nyaman digenggam dan dioperasikan, meski memiliki layar yang terbilang sangat besar. Namun untuk penggunaan satu tangan memang tak disarankan.

Bagian bawah LG G6 terdiri dari port USB Type-C untuk kebutuhan pengisian daya dan mentransfer data melalui kabel. Selain itu, ada pula speaker grill yang terletak di sebelahnya.

Bodi kanan smartphone ini hanya terdiri dari slot nano-SIM Hybrid. Jadi, pengguna harus memilih untuk menggunakan dual-SIM atau satu slot diisi dengan microSD.

Sementara bagian kiri diletakkan tombol pengatur volume. Bagian atas diletakkan headphone jack 3,5mm. Tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari diletakkan di bagian belakang tepat di bawah kamera utama.

Performa dan Tampilan Antarmuka

Didukung Snapdragon 821 yang terbilang lawas dibanding komponen yang dipakai produk premium lain untuk tahun ini, dapat dikatakan menjadi poin minus dari LG G6. Namun di atas kertas, smartphone ini masih mencatat nilai 140 ribuan untuk pengukuran dengan AnTuTu Benchmark.

Karenanya, performa smartphone ini sebenarnya masih sangat bagus. Seluruh kegiatan dapat dilakukan dengan mulus. Mulai dari membuka beberapa aplikasi sekaligus, termasuk perpindahan antar aplikasi dapat diatasi dengan baik.

Tampilan antarmuka LG G6 sebenarnya tak berbeda jauh dari pendahulunya, G5. Menjalankan Android 7.0 Nougat, kamu dapat merasakan pengalaman menggunakan Google Assistant di smartphone ini.

Mengingat G6 tak hadir dengan tombol fisik, navigasi dilakukan dengan tombol virtual yang dapat diatur sesuai preferensi. Pengaturan itu juga dapat dilakukan pada tampilan antarmuka, dengan menampilkan app drawer atau menyingkirkannya.

1 dari 3 halaman

Kamera dan Audio

Kamera dan Audio

Untuk urusan pengambilan gambar, smartphone ini memiliki dua kamera ganda beresolusi 13MP dengan salah satunya berfungsi sebagai lensa wide-angle hingga 125 derajat. Hasil tangkapan smartphone ini dapat dikatakan memuaskan.

Selain dapat bermain-main dengan dua lensa, kamera ini juga hadir dengan sejumlah fitur tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Karena perangkat ini memiliki sertifikat IP68, kami pun sempat mencoba G6 untuk mengambil gambar dalam air.

Kamera depan LG G6 memiliki resolusi 5MP berfitur wide-angle pada 100 derajat dengan hasil yang terbilang baik. Berikut ini sejumlah gambar hasil tangkapan kamera LG G6.

LG G6

LG G6

LG G6

LG G6

Sementara untuk kemampuan audio, LG G6 hadir dengan fitur Quad-DAC yang sebelumnya telah hadir di V20. Fitur ini menjanjikan keluaran suara yang berkualitas tinggi melalui G6.

Setelah mencoba mengaktifkan fitur tersebut, kami merasa bahwa klaim tersebut benar adanya. Kualitas suara yang dihasilkan smartphone ini saat fitur Quad-DAC diaktifkan menjadi lebih luas, detail, dan bulat.

Sebagai catatan, untuk memaksimalkan kemampuan fitur ini, sebaiknya menggunakan format audio tanpa kompresi. Saat mencobanya, kami menggunakan format FLAC.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

LG G6 memiliki syarat lengkap untuk menjadi sebuah smartphone andalan. Didukung jeroan yang mumpuni, kemampuan kamera dan audio smartphone ini juga terbilang maksimal.

Untuk itu, pengguna kelas berat yang membutuhkan perangkat dengan spesifikasi dan kemampuan kamera mumpuni dapat menjadikan smartphone ini sebagai pilihan. Tak hanya itu, kehadiran fitur Quad-DAC menjadi nilai lebih bagi audiophile.

LG G6

Tak hanya itu, untuk kali pertama LG menyematkan fitur antiair dan debu, sehingga smartphone ini aman digunakan untuk keperluan di luar ruangan.

Namun penggunaan Snapdragon 821 bisa menjadi nilai minus dari smartphone ini. Terlebih, kompetitor yang mengusung harga sedikit mahal sudah menggunakan versi terbaru, yakni Snapdragon 835.

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 8 Meluncur dengan Dua Paket Penjualan, Pilih Mana?
Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia