Sukses

Selain Google Maps, Coba 5 Aplikasi Pelacak Lokasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Jika ingin mencari lokasi suatu tempat, pasti sebagian besar dari kita akan menggunakan Google Maps. Layanan pemetaan berbasis GPS besutan Google tersebut memang cukup populer karena cukup akurat dalam melacak sebuah lokasi.

Tapi tahukah kamu, ada penyedia layanan serupa yang tak kalah bagusnya dengan Google Maps. Jika kamu tak terlalu gemar memakai Google Maps, lima aplikasi di bawah ini dapat dicoba.

Apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Make Use Of, Jumat (9/6/2017):

1. MapQuest

Layanan ini sebetulnya dibentuk jauh sebelum Google Maps lahir, yakni pada 1967 oleh R R Donnelly and Sons, yang kemudian diakuisisi AOL. MapQuest terbilang akurat dalam menyediakan layanan pemetaan dan pelacak lokasi selama bertahun-tahun.

Namun, yang membuat MapQuest lebih menonjol adalah Anda dapat menemukan beragam pilihan hotel, restoran, tempat belanja, hingga apotek dalam sekali klik.

Selain itu, jika Anda tidak sedang mencari lokasi spesifik, MapQuest akan menampilkan rekomendasi tempat begitu kamu memasuki sebuah area tertentu.

(Android | iOS)

2. Bing Maps

Bing Maps adalah salah satu rekomendasi penyedia layanan pencari lokasi. Perlu diketahui Bing Maps sebelumnya bernama MapBlast.com, yang kemudian dicaplok Microsoft pada 2002 dan dilebur ke MSN Maps and Directions, dan Microsoft MapPoint.

Salah satu fitur unggulannya adalah Bing Maps memiliki opsi di mana layanannya akan menghindari jalan-jalan tertentu, seperti jalan tol. Menariknya, begitu kamu memasuki lokasi tertentu, Bing Maps akan menampilkan informasi hingga foto-foto di wilayah tersebut.

(Android | iOS)

1 dari 2 halaman

Here.com hingga Waze

3. Here.com (Wego.Here.com)

Here Technologies, pembesut Here.com, telah mengembangkan banyak produk layanan sejak 30 tahun yang lalu. Mulai dari aplikasi transportasi, healthcare, hingga otomotif.

Untuk menggunakan layanan ini, kunjungi Here.com dan ketik Wego.Here.com pada bagian atas navigasi. Setelah itu kamu baru bisa mendapat direksi navigasi jalan, informasi trafik, dan pusat bisnis.

Pilihan navigasi juga beragam, seperti transportasi publik, berkendara pribadi, berjalan kaki, hingga bersepeda.

(Android | iOS)

4. Waze

Waze merupakan salah satu aplikasi pilihan terbaik bagi kamu yang membutuhkan layanan peta online beserta aplikasi mobile-nya.

Layanan ini tak sekadar menawarkan peta online, GPS, dan penyedia trafik lalu lintas, tetapi juga menampilkan laporan dari para pengguna Waze lainnya secara real-time pada rute yang mereka lalui. Layanan ini dapat dinikmati pada lewat fitur Live Map.

Sekadar informasi, Waze pertama kali didirikan pada akhir 2000. Menariknya, aplikasi Waze diakuisisi pemilik Google Maps, yakni Google.

(Android | iOS)

5. OpenStreetMap with OsmAnd

OpenStreetMap atau OSM adalah salah satu penyedia lokasi online yang unik. OSM yang lahir pada 2004 rupanya terinspirasi konsep layanan Wikipedia sehingga layanannya pun bersifat non-profit. 

OSM beroperasi dengan mengandalkan relawan atau kontributor di seluruh dunia sehingga seluruh data peta yang dikumpulkan dapat disunting sendiri. Kamera yang dipakai untuk mengambil foto lokasi juga adalah milik para kontributor.

Jika merasa ada kesalahan atau kekurangan pada peta atau rute perjalanan, Anda dapat berkontribusi langsung dengan menambahkan catatan kecil di lokasi peta. Nanti kontributor akan mengoreksi kesalah tersebut. Namun, pastikan Anda jangan menggunakan informasi pribadi saat meninggalkan note.

(Android | iOS)

(Cas/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware