Sukses

Adopsi iOS Kian Masif, Bos Apple Malah Sindir Android

CEO Apple Tim Cook kembali membandingkan adopsi sistem operasi besutannya dengan Android. Apa yang ia sampaikan?

Liputan6.com, San Jose - Gelaran Apple Worldwide Developer Conference (WWDC 2017) yang dihelat di San Jose, Amerika Serikat (kat), dibuka dengan sepatah kata dari sang CEO, Tim Cook.

Seperti yang sudah-sudah, orang nomor satu di Apple itu membuka sesi keynote dengan pemaparan penetrasi iOS teranyar, serta membandingkannya dengan sistem operasi Android paling baru.

Dalam presentasinya, Cook membandingkan adopsi iOS dengan Android Nougat (7.0). Ia menyebut, iOS 10 sudah terinstal di lebih dari 86 persen iPhone, sedangkan Android Nougat hingga kini baru digunakan 7 persen perangkat Android. Demikian menurut yang disampaikan laman TalkAndroid, Kamis (8/6/2017).

Bahkan, Cook sempat menyindir Google yang tidak bisa 'mengejar' Apple terkait adopsi sistem operasi baru untuk perangkat lama. Apa yang disampaikan Cook, sebetulnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Ia selalu mengangkat topik tersebut di setiap keynote pembukaan WWDC.

Pun demikian, apa yang disampaikan Cook dinilai masuk akal. Pasalnya, peluncuran iOS dan Android terbaru terjadi dalam rangka waktu yang tak jauh berbeda.

Satu faktor yang sedikit membedakan adalah, Apple menggarap aspek perangkat keras dan lunak untuk iPhone. Kalau Google justru hanya bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak Android, terkecuali untuk smartphone Pixel.

Hasilnya, ketersediaan sistem operasi Android terbaru pada smartphone Android yang sudah dijual di pasaran tak cuma bergantung pada Google, tetapi juga ke vendor-vendor produsen smartphone Android yang ada di seluruh dunia.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini