Sukses

Indosat Akan Pinang Telkomsel untuk Kerja Sama Network Sharing

Liputan6.com, Balikpapan - Indosat Ooredoo berencana mengajak Telkomsel untuk kerja sama berbagi jaringan (network sharing) di Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Hal ini diungkapkan oleh Sales Manager Indosat Ooredoo Kalimantan, Dody Kusuma.

Alasan kerja sama ini, menurut Dody, karena Indosat mendominasi penguasaan pasar telekomunikasi di Kalimantan Barat, sedangkan Telkomsel di Kalimantan Utara.

"Kalau kami diizinkan memanfaatkan jaringan Telkomsel di Kalimantan Utara, Telkomsel juga boleh menggunakan jaringan Indosat di Kalimantan Barat," tutur Dody ditemui di Balikpapan beberapa waktu lalu.

Telkomsel dan Indosat merupakan dua operator seluler besar di Kalimantan. Telkomsel mengantongi 39 juta pengguna di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan. Sementara Indosat memiliki 3,5 juta pelanggan untuk wilayah Kalimantan yang berpenduduk 14 juta jiwa.

Dody melanjutkan, sebetulnya Indosat Ooredoo sudah lebih dulu bekerja sama network sharing dengan operator seluler XL Axiata. Kerja sama meliputi penguatan jaringan di dua wilayah, yakni area Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

"Kami sudah menjalin kerja sama network sharing dengan XL di wilayah Makassar dan Banjarmasin. Indosat kuat di Banjarmasin, sedangkan XL kuat di Makassar. Saling berkolaborasi saja," ungkapnya.

Ia mengakui network sharing mampu menekan biaya investasi infrastruktur dan biaya operasional jaringan di Makassar dan Banjarmasin. Menurutnya, baik Indosat maupun XL diuntungkan karena dapat melakukan ekspansi jaringan lebih luas.

(Abelda Gunawan/Cas)


 

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
Menteri Rini Pantau Langsung Perbaikan Satelit Telkom