Sukses

BBM Siap Hadirkan Lebih dari 200 Judul WebComics

BBM menghadirkan fitur baru, BBM WebComics yang menghadirkan lebih dari 200 judul webcomic dari Indonesia dan mancanegara.

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) meluncurkan fitur WebComics untuk pengguna aplikasi BBM di Indonesia. Peluncuran ini merupakan hasil kerja sama antara Creative Media Works yang beroperasi sebagai BBM dan penerbit webtoon asal Korea Neobazar.

Perlu diketahui, layanan ini dihadirkan secara gratis untuk pengguna BBM di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, WebComics pada BBM akan menyajikan berbagai judul webtoon baik dari dalam maupun luar negeri.

Sekadar diketahui, WebComics atau “manhwa” yang berasal dari Korea Selatan merupakan bacaan bergambar berseri, seperti komik dalam buku dan koran yang diterbitkan secara online.

WebComics untuk BBM saat ini sudah tersedia di perangkat Android dan juga akan tersedia di perangkat iOS pada 14 Juni 2017.

Untuk mengaksesnya, penggemar komik bisa mendapatkan beragam pilihan WebComics di menu Discover aplikasi BBM. Pada menu Discover, pengguna bisa menjelajahi beragam kategori, dari kisah cinta, fantasi, rekaan ilmiah, misteri, komedi, drama, olahraga hingga laga.

Serunya lagi, cerita pada WebComics ini bakal selalu diperbarui dengan cerita baru secara rutin. Berdasarkan keterangan resmi BBM yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (9/6/2017), dalam peluncuran perdana, tersedia lebih dari 200 judul WebComics yang meliputi 135 webtoon dan 65 webnovel.

Berbagai judul ternama seperti Dokgo (Outsider), Great Wife, dan 37.2 Degrees sudah tersedia di WebComics untuk BBM. Tak hanya itu, ilustrator terkemuka seperti Baek Seung-Hoon (karyanya sudah dibuat film) hingga Is Yuniarto (pemenang berbagai lomba komik) juga akan menyumbangkan karya mereka di WebComics BBM ini.

CEO Creative Media Works Matthew Talbot mengatakan, kebiasaan masyarakat menghabiskan waktu di aplikasi pesan membuat BBM merilis layanan WebComics.

"Saat ini masyarakat banyak menghabiskan waktu di aplikasi pesan ketimbang hal lain di smartphone. Untuk itu, kami berupaya menyediakan lebih banyak fitur untuk pengguna BBM, terutama pengguna paling aktif dan besar, yakni di Indonesia," kata Talbot.

Kehadiran WebComics, imbuh Talbot, akan menyediakan banyak sekali bacaan yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna BBM di Indonesia.

"Kami sangat senang dapat menambahkan webcomics dan webnovel sebagai konten baru bagi pengguna BBM di Indonesia, di mana konsumsi konten digital kian meningkat. Pengguna BBM dapat dengan mudah menikmati konten kami dengan sekali sentuh di menu Discover tanpa harus memasang aplikasi baru,” kata CEO NeoBazaar Jinil Seong.

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan lebih banyak penulis dan penerbit lokal untuk membuat konten Indonesia pada WebComics.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.