Sukses

Keren, Armada Eksplorasi NASA untuk Mars Mirip Mobil Batman

Armada rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat itu dikabarkan mulai beroperasi pada 2020.

Liputan6.com, California - NASA berambisi untuk menjelajahi planet Mars secara menyeluruh. Sebagai langkah konkret, Badan Antariksa Amerika Serikat itu kini menggarap armada baru yang nantinya akan beroperasi di permukaan Planet Merah itu. 

Uniknya, desain armada jenis rover tersebut malah mirip mobil karakter superhero Batman, yakni Batmobile.

Diketahui, armada roda empat itu beroperasi dengan komponen elektrik. Ia akan dipamerkan NASA di Kennedy Space Centre dalam waktu dekat. Demikian dikutip dari Mirror pada Senin (12/6/2017).

Armada ini akan terbagi menjadi dua bagian. Bagian depan menjadi ruang khusus untuk pengemudi armada. Ia dilengkapi dengan perangkat radio dan navigasi tercanggih yang akan disediakan Global Positioning System.

Bagian belakang armada akan menjadi ruang laboratorium untuk melakukan riset sepanjang eksplorasi planet ini berlangsung.

Sayangnya, armada tersebut tidak akan bertugas dalam waktu dekat, melainkan baru akan meluncur ke Mars pada 2020 mendatang. Pun demikian, NASA berharap armada ini dapat membantu manusia untuk mencari lebih banyak informasi seputar ekosistem di Mars. 

Ini bukan pertama kalinya Badan Antariksa seperti NASA berencana menggarap armada darat untuk Planet Mars. Sebelumnya, Badan Antariksa Tiongkok juga sudah berencana untuk menciptakan armada rover untuk Mars.

Berbeda dengan ‘mobil Batman’ milik NASA, armada yang satu ini justru akan memiliki ukuran lebih kecil.

(Jek/Why) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.