Sukses

Bukalapak Development Competition Jaring Ratusan Aplikasi Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak Development Competition baru saja selesai digelar. Kompetisi ini berhasil menjaring ratusan aplikasi mobile inovatif hasil karya para developer di seluruh Indonesia.

Ibrahim Arief, VP of Engineering Bukalapak mengatakan, Bukalapak Development Competition bertujuan untuk mendorong tumbuhnya ekosistem developer di Indonesia. Berbagai karya yang masuk menunjukkan bahwa kreativitas para developer Indonesia sangat luar biasa.

"10 tim terbaik di tahap final telah dibimbing langsung oleh tim developer Bukalapak untuk penyempurnaan produk yang dihasilkan. Di tahap final ini juga akan disaring menjadi 5 tim terbaik yang berhak mendapatkan hadiah,” ujar Ibrahim melalui keterangannya, Minggu (11/6/2017) di Jakarta.

Adapun penjurian kompetisi ini dilakukan oleh Ibrahim Arief (VP of Engineering Bukalapak), Zakka Fauzan Muhammad (VP of Product Bukalapak), Hasanul Hakim (Mobile Apps Developer Lead Bukalapak), Bayu Surya Adi Saputra (Product Manager Mobile Apps Bukalapak), dan Devita Mira (UX Lead Bukalapak).

Penilaian pada kompetisi ini dinilai berdasarkan sejumlah aspek, di antaranya ide dan implementasi. Ide produk yang diusulkan adalah ide yang paling inovatif, bermanfaat, aman dikembangkan, layak tampil (feasible) serta mudah diimplementasikan.

Salah satu komponen penilaian yang paling penting adalah bagaimana peserta bisa melakukan eksekusi ide yang dimiliki menjadi sebuah mobile apps yang bagus serta berguna bagi masyarakat.

Juara 1 adalah tim BukaLelang dengan aplikasi mobile BukaLelang. Aplikasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah lelang secara online yang selama ini hanya bisa dilakukan di media social dan secara manual. 

“Ini merupakan pengalaman berharga serta motivasi bagi saya untuk terus belajar dan mengembangkan minat saya terhadap dunia mobile. Saya merasa tertantang dan berharap dapat berkontribusi kelak untuk negeri melalui minat saya ini”, ujar Diky Arga perwakilan dari Tim BukaLelang.

Sementara juara 2 diraih tim GG Vol.2 dengan aplikasi mobile BukaKayakGini, yang merupakan aplikasi jual beli online di mana pembeli bisa mengajukan barang yang diinginkan ke semua pelapak, dan pelapak yang memiliki barang sesuai dengan permintaan pembeli akan langsung menawarkannya. 

Berikut ini daftar lengkap pemenang Bukalapak Development Competition 2017:

  • Juara 1: Tim BukaLelang dengan aplikasi mobile BukaLelang mendapatkan hadiah utama Rp 128 juta.
  • Juara 2: Tim GG Vol.2 dengan aplikasi mobile BukaKayakGini mendapatkan hadiah Rp 64 juta.
  • Juara 3: Tim Meja Makan dengan aplikasi mobile Taplak (Tap Bukalapak) mendapatkan hadiah Rp 32 juta.
  • Juara 4: Tim Ikan Rere dengan aplikasi mobile Snapper mendapatkan hadiah Rp 16 juta.
  • Juara 5: Tim BukaBanding dengan aplikasi mobile BukaBanding mendapatkan hadiah Rp 8 juta.

Selain itu pula, terdapat hadiah bagi juara 6 hingga juara 10 senilai Rp 2.718.282 untuk masing-masing tim. Penyerahan hadiah ini dilakukan secara simbolis di Arion Swiss-Belhotel Kemang, Jakarta Selatan.

(Isk/Cas)

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
Pasar Kreasi Indonesia, Dukung Promosi Produk Dalam Negeri