Sukses

Ingin Lagu Favorit Jadi Nada Alarm di Android? Lakukan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Musik adalah bahasa universal bagi seluruh umat manusia. Hampir setiap hari, kita mendengarkan banyak jenis musik sebagai 'teman' untuk beraktivitas. Sampai-sampai, tak sedikit orang kini memanfaatkan musik sebagai nada utama alarm untuk membangunkan mereka di pagi hari.

Alasan orang-orang menggunakan lagu personal sebagai nada alarm di Android, tak lain karena nada alarm bawaan di Android bukan nada favorit. Belum lagi, bunyinya cukup menjengkelkan. Lantas, apakah bisa membawa lagu-lagu favorit kita menjadi nada alarm utama di Android? Jawabannya, tentu bisa.

Sebagaimana dilansir laman Joy of Android, Selasa (13/6/2017) ada cara agar pengguna dapat menggunakan lagu favoritnya sebagai nada utama alarm smartphone. Seperti apa? Simak tips-nya berikut ini.

Sebelum kamu mengganti nada alarm dengan lagu favoritmu, kamu harus menyimpan dokumen lagu ke dalam memori smartphone terlebih dahulu.

Pertama, kamu dapat mengunduh lagu favoritmu atau meng-copy-nya dari PC. Memindahkan lagu dari PC juga sangat mudah, hanya memerlukan beberapa cara.

Hubungkan perangkat Android kamu dengan PC menggunakan kabel data USB, lalu buka folder Android-mu di PC. Nanti, akan ada dua pilihan kapasitas penyimpanan yang tersedia, yaitu memori internal dan SD card (memori eksternal), yang kamu perlukan hanya cukup membuka file di memori internal.

Kemudian, buat folder alarm baru untuk memudahkan mencari lagu untuk alarm. Pindahkan lagu pilihan tersebut ke folder, dan lagu itu otomatis sudah bisa digunakan untuk alarm.

Setelah lagu favoritmu ada di folder, kamu dapat memutuskan koneksi smartphone lalu tutup semua folder yang terbuka. Kamu pun dapat menandai lagu pada folder alarm untuk menjadi nada alarm terbaru kamu.

Cukup mudah, bukan? Well, selamat mencoba!

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Tutorial Bikin Aplikasi Android Pemantau Suhu Ruangan
Artikel Selanjutnya
5 Gadget Pengusir Bosan Kala Mudik