Sukses

Cek Kesehatan Baterai Perangkat Android dengan Aplikasi Ini

Ingin tahu bagaimana kondisi "kesehatan" baterai smartphone Android kamu? Coba cek dengan aplikasi pilihan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Baterai berperan vital bagi sebuah smartphone karena komponen inilah perangkat tersebut bisa menyala. Berapa lama masa pakai sebuah baterai smartphone sangat tergantung pada kebiasaan masing-masing pengguna.

Bila pengguna setiap hari sering "menyiksa" smartphone dengan aktivitas video streaming, music streaming, dan kegiatan lain yang mengonsumsi banyak daya, tentu masa pakai baterai smartphone pun akan lebih pendek. Mengapa? Sebuah baterai biasanya punya "batas" tertentu berapa kali ia dapat diisi hingga penuh, digunakan, dan seterusnya.

Saat ini ada sejumlah aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone Android mengecek "kesehatan" baterainya. Salah satunya adalah Repair Battery Life PRO. Aplikasi ini mengklaim mampu "memperbaiki" kerusakan di baterai smartphone, meski sebetulnya ini terdengar (hampir) mustahil.

Mengapa (hampir) mustahil? Baterai smartphone terdiri dari komponen kimia yang selama penggunaannya telah mengalami banyak perubahan dan proses kimia, yang tidak bisa diperbaiki dengan sekadar menggunakan aplikasi. Namun terlepas dari itu, aplikasi ini cukup layak dipertimbangkan untuk mengecek kesehatan baterai.

Repair Battery Life PRO punya tiga fitur utama yaitu "Repair", "Tools", dan "Information". Fitur "Repair" mengklaim dapat mengidentifikasi kondisi sel-sel baterai yang terdiri dari tiga macam yakni "low", "inactive", dan "healthy".

Seperti disebutkan di atas, fitur ini sebetulnya cenderung tak masuk akal karena (hampir) tidak mungkin baterai smartphone bisa diperbaiki cukup dengan beberapa kali tap di aplikasi.

Fitur kedua adalah "Tools". Fitur ini memerlukan pemasangan aplikasi lainnya yakni Advanced Battery Calibrator, yang berasal dari pengembang yang sama. Dari namanya bisa ditebak bahwa aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kalibrasi baterai. Cara ini dipercaya mampu mengembalikan performa baterai yang telah menurun, menjadi lebih baik.

Adapun fitur "Information" memperkenankan pengguna untuk mengetahui informasi seputar baterai smarpthone miliknya. Mulai dari suhu, voltase, arus, sisa daya, dan sebagainya. Menurut amatan kami, informasi yang ditampilkan cukup tepat.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.