Sukses

Apple Ingin Rekam Medis Bisa Tersimpan di iPhone

Apple sedang mengusahakan data kunjungan dokter, hasil laboratorium dan resep obat, bisa tersimpan di iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Apple terus memperkuat layanannya tidak hanya untuk penjualan hardware. Kali ini, perusahaan asal Negeri Paman Sam itu dilaporkan sedang berusaha agar para pengguna iPhone bisa lebih mudah mendapatkan data rekam medis mereka.

Dilansir dari Cnet, Jumat (16/6/2017), Apple sedang mengusahakan data kunjungan dokter, hasil laboratorium dan resep obat, bisa disimpan di iPhone. Maka itu, pengguna bisa lebih mudah berbagi data dengan dokter baru.

Guna merealisasikan ini, Apple sedang melakukan penjajakan dengan sejumlah pengembang, Rumah Sakit (RS), dan stakeholder terkait lainnya di bidang kesehatan. Inisiatif Apple ini dinilai bisa membantu mengatasi rintangan teknis yang sering menghambat aktivitas berbagi informasi pasien di antara profesional kesehatan.

Ini bukan kali pertama Apple tertarik dengan industri kesehatan. Pada 2014 Apple mengumumkan HealthKit, sebuah kerangka kerja bagi pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi, yang bisa mengumpulkan dan membagikan informasi medis tentang para penggunanya.

Apple bahkan pernah disebut memiliki ambisi lebih besar dari sekadar aplikasi kesehatan. Perusahaan dilaporkan mengalihkan fokusnya dengan mengubah paket aplikasi menjadi alat diagnosis, yang bisa menafsirkan data kebugaran dan kesehatan agar bisa memberikan saran medis kepada pengguna.

Inisiatif baru ini diperkirakan sebagai bagian dari ambisi tersebut. Namun Apple belum menanggapi laporan ini.

(Din/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.