Sukses

Top 3 Tekno: Negara Pertama di Luar Angkasa Tuai Perhatian

Asgardia, sebuah negara yang akan dibentuk oleh seorang ilmuwan asal Rusia di luar angkasa menuai perhatian para pembaca

Liputan6.com, Jakarta - Asgardia, sebuah negara yang akan dibentuk oleh seorang ilmuwan asal Rusia di luar angkasa menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari informasi seputar planet Jupiter yang ternyata memiliki 69 jenis bulan yang mengelilinginya. 

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.  

1. Negara Pertama di Luar Angkasa Segera Berdiri

Sebuah negara baru akan dibentuk. Negara tersebut diberi nama Asgardia, dan dicetus oleh seorang ilmuwan asal Rusia bernama Igor Ahusrbeyli. Menariknya, Asgardia tidak akan mengambil tempat di Bumi. Negara itu justru akan berlokasi di luar angkasa, dengan wilayah berupa wahana raksasa.

Asgardia

Seperti dilansir The Sun, Rabu (14/6/2017), meski belum berdiri secara resmi, "pemerintah" Asgardia sudah melakukan proses seleksi calon penduduk. Hingga kini, sudah ada lebih dari setengah juta penduduk Bumi yang mendaftar jadi warga negara tersebut.

Ada syarat tertentu bagi yang ingin menjadi warga negara Asgardia. Pemerintah Asgardia tidak bisa merekrut warga negara yang enggan berbagi informasi data diri secara transparan. Mereka pun tidak dapat mendaftarkan warga negara dari hewan dan robot.

Selengkapnya baca di sini 

2. Menakjubkan, Planet Jupiter Punya 69 Jenis Bulan

Tahukah kamu, Jupiter disebut sebagai planet kolektor bulan? Ya, planet raksasa terbesar di Tata Surya ini diketahui memiliki 69 jenis bulan yang mengelilinginya. Terkini, astronom NASA menemukan dua jenis bulan terbaru Jupiter bernama S/2016 J1 dan S/2017 J1.

Mencengangkan, Ada Gunung Raksasa di Bulan Planet Jupiter

Dari 69 jenis bulan yang ditemukan, beberapa di antaranya mengorbit Jupiter dengan jarak yang sulit untuk dilacak. Pada awal 2016, astronom meyakini setidaknya ada 14 bulan yang jarak orbitnya tidak dapat ditemukan. Jarak dari masing-masing bulan Jupiter berkisar antara 1 mil.

“Meski jarak orbitnya tidak dapat kami lacak, bulan-bulan ini tetap bertumpu pada Jupiter, termasuk dua bulan baru S/2016 J1 dan S/2017 J1,” kata Scott S. Sheppard, astronom Carnegie Institution.

Selengkapnya baca di sini 

3. Fitur Baru Instagram Ini Bisa Sembunyikan Foto Lawas

Sudah cek profil Instagram kamu pagi ini dan menemukan ada sedikit perbedaan? Rupanya hari ini Instagram merilis sebuah fitur baru untuk semua penggunanya, yakni fitur "Archive".

Instagram Archieve

Fitur ini sebelumnya memang sudah diuji coba Instagram lewat beberapa penggunanya sebulan lalu. Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari The Verge, Kamis (15/6/2017), fitur ini memungkinkan siapapun di Instagram untuk menyembunyikan foto-foto yang telah diunggah tanpa perlu menghapusnya.

Dengan demikian, unggahan foto lawas kamu yang memalukan tapi sayang kalau dihapus bisa disembunyikan dengan fitur Archive ini.

Nantinya, foto-foto tersebut akan masuk ke kotak Archive dan tak bisa dilihat lagi oleh follower dan pengguna Instagram lainnya.

Selengkapnya baca di sini 

(Isk/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.