Sukses

Ini Alasan Blibli Caplok Tiket.com

Liputan6.com, Jakarta - Blibli.com resmi mengakuisisi sepenuhnya penyedia layanan Online Travel Agent (OTA), Tiket.com. Rekam jejak hingga kesamaan visi misi menjadi alasan utama, yang mendorong terjadinya akuisisi tersebut.

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto mengatakan Tiket.com memiliki rekam jejak bisnis yang bagus karena dalam waktu singkat mampu menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia. Selain itu, Blibli dan Tiket.com memiliki fokus yang sama, yaitu pada kepuasan pelanggan dan konsisten dalam menjalankan bisnis.

"Kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com, yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan ini, kami mantap melakukan akuisisi," jelas Kusumo saat ditemui di kawasan Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Akuisisi ini sekaligus untuk memperkuat posisi Blibli di bisnis travel online. Perusahaan e-Commerce itu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan besar di dalam bisnis travel online.

"Kami sebagai salah satu pemimpin e-Commerce akan terus berekspansi dan tumbuh, termasuk ke travel online. Berdasarkan data-data yang kami tahu, transaksi travel online itu sangat besar," tutur Kusumo.

Blibli selama ini ditopang oleh grup Djarum melalui GDP Venture. Perusahaan e-Commerce ini mulai beroperasi sejak 2011. Seiring perkembangannya, Blibli.com telah memiliki 15 kategori produk. Blibli sendiri mulai masuk ke bisnis travel online dengan menjual tiket kereta api.

Ketertarikan Blibli pada bisnis travel online mengantarkan mereka mengakuisisi Tiket.com. Tiket.com merupakan salah satu OTA yang melayani pemesanan tiket kereta api, pesawat, sewa mobil hingga tiket konser. Saat ini Tiket.com bekerja sama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan, serta ribuan hotel domestik dan internasional.

Proses akuisisi telah dilakukan sejak lima bulan lalu, hingga akhirnya rampung pda 12 Juni 2017. Kusumo berharap bisnis Blibli dan Tiket.com akan sama-sama tumbuh dengan adanya akuisisi ini, baik secara organik atau non-organik.

"Blibli optimistis dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan secara organik dan nonorganik sebanyak 2,5 kali lipat pada semester dua tahun ini," kata Kusumo.

Setelah akuisisi Tiket.com, Blibli tidak menutup kemungkinan akan ekspansi ke produk lain. Namun untuk waktu dekat, Blibli akan berkonsentrasi mengembangkan kedua perusahaan sehingga bisa menjadi salah satu pemain OTA terbesar di Tanah Air.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Di HUT RI ke 72, Pelanggan Loyal Tiket.com Dapat Hadiah Mobil
Artikel Selanjutnya
Ini yang Jadi Alasan Dream Theater Tampil di Yogyakarta