Sukses

Tesla Model X Kantongi Bintang Lima untuk Standar Keamanan

Mobil listrik otonomos Tesla Model X mengantongi bintang lima untuk standar keamanan dari otoritas keselamatan lalu lintas Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Mobil listrik otonomos Tesla Model X mengantongi bintang lima untuk standar keamanan dari otoritas keselamatan lalu lintas jalan tol Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Mengutip Tech Crunch, Senin (19/6/2017), NHTSA memberikan penilaian bintang lima kepada Model X untuk setiap kategori dan subkategori yang diujikan. Proses pengujian ini melibatkan lembaga independen.

Selain itu, menurut sistem peringkat NHTSA, dalam hal tingkat kemungkinan cedera yang dialami penumpang, Model X menempati posisi kedua setelah Model S.

Lantas bagaimana bisa Model X mendapat bintang lima untuk setiap kategori dan subkategori penilaian? Ternyata, desain unik kendaraan ini, yang berpengaruh ke powertrain listrik, menjadi kunci di balik pencapaian Tesla tersebut. Powertrain merupakan suatu sistem yang meneruskan power (tenaga) dari engine (mesin) sampai ke final drive (penggerak akhir).

Baterai yang terpasang dan tersebar di bagian bawah kendaraan membuat pusat gravitasi Model X jauh lebih rendah dan terdisitribusi ke bawah, bila dibandingkan dengan SUV bermesin injeksi bahan bakar tradisional. Pusat gravitasi lebih rendah sangat membantu mencegah terguling, yang merupakan titik lemah kendaraan jenis SUV. 

Untuk diketahui, hasil penilaian NHTSA juga memprediksi sekitar 93 persen kemungkinan penumpang di Model X terhindar dari kecelakaan serius. Ini tentu saja merupakan pencapaian luar biasa bagi Tesla setelah varian Model S.

(Why)

Tonton video menarik berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.