Sukses

Google Rilis API Deteksi Objek Baru

Google merilis API deteksi objek TensorFlow baru untuk pengembang dan peneliti.

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis API deteksi objek TensorFlow baru untuk pengembang dan peneliti.

Mengutip Tech Crunch, Senin (19/6/2017), upaya ini Google lakukan guna menawarkan kemudahan dalam mendeteksi objek di dalam sebuah gambar atau foto.

Google menyediakan sejumlah model yang disertakan di dalam API deteksi objek tersebut. Model-model itu antara lain model jaringan saraf konvolusi dan model sederhana yang dirancang untuk beroperasi pada perangkat dengan spesifikasi standar.

Awal pekan ini Google juga mengumumkan lini model pengenalan versi "ringan" yakni MobileNets. Model ini dapat menangani sejumlah tugas seperti pengenalan objek, pengenalan wajah, dan pengenalan landmark.

Patut diakui, smartphone saat ini belum dibekali sumber daya komputasi setara desktop dan pengaturan berbasis server. Imbasnya, pengembang punya dua opsi.

Kedua opsi itu adalah model machine learning yang dapat berjalan di platform komputasi awan, tetapi memiliki keterbatasan yakni latensi dan memerlukan koneksi internet. Sementara alternatifnya lainnya adalah menyederhanakan model itu sendiri.

(Why)

Tonton video menarik berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.