Sukses

Layanan Seluler Jalur Mudik Jakarta-Semarang Dipastikan Aman

Liputan6.com, Semarang - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) kembali memastikan kesiapan jaringan operator telekomunikasi, terutama seluler. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi peningkatan dan pergerakan trafik, khususnya selama arus mudik, hari raya, dan arus balik.

Kali ini BRTI melakukan pengujian kesiapan di jalur darat dari Jakarta hingga Semarang, Jawa Tengah. Semarang dipilih karena diprediksi akan menjadi salah satu titik utama mudik nasional. Kota ini juga menjadi tujuan transit mudik dengan tujuan Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Adapun pengujian telekomunikasi dilakukan pada empat hal, yakni kualitas layanan telepon, kualitas layanan SMS, kualitas layanan internet mobile, serta uji kualitas cakupan mobilitas. Pengujian dilakukan terhadap semua jaringan operator telekomunikasi seluler dengan menggunakan metode static test dan drive test.

Wilayah yang termasuk dalam pengujian static test, antara lain Bandara Ahmad Yani, stasiun kereta api Semarang, terminal bus, serta Pelabuhan Tanjung Emas. Sementara untuk drive test dilakukan di sepanjang jalan jalur mudik darat Jakarta menuju Semarang.

Hasilnya, kualitas jaringan semua operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di Semarang menunjukkan hasil yang baik dan siap melayani pemudik. Seluruh operator berhasil memperlihatkan pencapaian di atas target yang diharapkan untuk dapat melayani telekomunikasi seluler.

"Ini merupakan kegiatan rutin sebagai pemaparan publik tentang evaluasi kesiapan operator dan antisipasi yang perlu dilakukan karena ada potensi peningkatan dan pergerakan trafik saat arus mudik, Lebaran, dan arus balik," ujar Komisioner BRTI, Muhammad Iman Nashiruddin, dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (19/6/2017).

Meski dinilai baik, BRTI tetap meminta operator seluler terus meningkatkan kualitas layanan, terutama internet mobile di seluruh tempat keramaian dan cakupan mobilitas. Selain itu, masih ada beberapa titik di jalur darat Jakarta menuju Semarang yang masih perlu diperbaiki kualitas jaringannya.

Selain Semarang, pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi sepanjang Mei 2017 juga dilakukan di sembilan kota lain di Indonesia. Pemantauan dilakukan di Jakarta, Batam, Balikpapan, jalur utama mudik Pulau Jawa, termasuk jalur kereta api utara maupun selatan.

Tak hanya jalur darat Jakarta menuju Semarang, pengujian dilakukan juga ke jalur barat, yaitu Jakarta menuju Lampung. Pemantauan juga dilakukan di kota tujuan mudik nasional, yaitu Bandung, Surabaya, Medan, dan Padang.

BRTI juga mengunjungi operator seluler dan operator telekomunikasi lainnya untuk mengecek fasilitas pendukung, misalnya call center, distribusi voucher, network operation center (command center), dan disaster recovery management.

(Dam/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Mudik Idul Adha, PT KA Bandung Tambah Kereta
Artikel Selanjutnya
Tol Fungsional Gringsing-Brebes Beroperasi Lagi Besok