Sukses

Operator Seluler di Jabar Klaim Siap Hadapi Lebaran

Liputan6.com, Bandung - Operator seluler di Jawa Barat mengklaim siap menghadapi lonjakan trafik periode Lebaran tahun ini karena sudah mengantisipasinya sejak jauh hari, dengan menambah kualitas serta kuantitas jaringan.

Vice President XL Axiata Central Region, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik Lebaran, XL menambah 700 BTS baru. Selain itu, XL juga melakukan upgrade 1.700 BTS dari 3G menjadi 4G.

"Investasi jaringan ini mayoritas dilakukan di wilayah Central Region (Jabar, Jateng, Yogya, red). Wilayah ini adalah destinasi serta perlintasan utama arus mudik dan balik di Pulau Jawa," katanya di Bandung, baru-baru ini.

Menurut dia, setiap tahunnya 80 persen pemudik meninggalkan Jakarta ke berbagai daerah tujuan. Dari jumlah tersebut, 40 persen di antaranya menuju wilayah XL Central Region, yang meliputi Jawa Barat (Jabar), Yogyakarta, dan Jawa Tengah (Jateng).

Oleh karena itu, menurut dia, XL juga akan menempatkan 24 mobile BTS di area tersebut. Selain di jalur mudik dan balik, mobile BTS tersebut juga akan ditempatkan di sejumlah objek wisata favorit, seperti The Lodge, Goa Pinduk, Borobudur, Parangtritis, dll.

"Secara keseluruhan, penambahan kapasitas jaringan XL untuk menghadapi Lebaran ini lebih dari 40 persen. Investasi jaringan XL di wilayah central region tahun ini naik lebih dari 40 persen dibandingkan 2016," kata Sofia.

XL memprediksi, lonjakan trafik tertinggi tahun ini akan terjadi pada layanan data. Layanan tersebut diperkirakan naik hingga 30 persen dari  hari normal, sedangkan voice dan SMS masing-masing diprediksi naik sekitar 5 persen.

"Saat ini lebih dari 60 persen pelanggan XL sudah menggunakan layanan data. Target pertumbuhan revenue kami bulan ini naik 14 persen," ujar Sofia.

Sementara itu, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Yetty Kusumawati, mengatakan, untuk mengantisipasi trafik Lebaran, Telkomsel menambah 176 BTS baru di wilayah tersebut. Sebanyak 7 unit di antaranya adalah BTS 3G dan 169 unit merupakan BTS 4G.

Selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H ini, Telkomsel memproyeksikan peningkatan trafik komunikasi layanan data sebesar 1.533 TB. Konsumsi tersebut melonjak sekitar 122,42 persen dibandingkan momen yang sama tahun sebelumnya.

"Telkomsel juga mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi di sejumlah titik destinasi wisata dan jalur mudik serta titik transit keberangkatan pemudik di wilayah Provinsi Banten, seperti Pelabuhan Merak dan Bandar Udara Soekarno Hatta," katanya.

Untuk itu, menurut dia, Telkomsel menyiapkan sebanyak 20 compact mobile BTS. Alat tersebut akan disiagakan sepanjang jalur mudik, termasuk titik Rest Area, serta pusat destinasi wisata jelang libur Lebaran nanti.

“Telkomsel juga memastikan kebutuhan pelanggan untuk ketersediaan produk seperti kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa tetap terjaga," ujarnya.

Upaya tersebut, menurut dia, dilakukan dengan mengoperasikan 95 layanan pelanggan GraPARI yang tetap beroperasi secara normal, termasuk 2 layanan GraPARI 24 jam di Jakarta dan Bandung. Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan 63 mobile GraPARI (MOGI), 89 Motor Recharge (MORE), dan berkolaborasi dengan sekitar 1.408 mitra outlet reseller penjual pulsa.

Tonton video menarik berikut ini

(Msu/Why)

Artikel Selanjutnya
Menhub Cek Kesiapan KAI Hadapi Arus Balik di Stasiun Semarang Poncol
Artikel Selanjutnya
Menhub Budi Minta Pemudik Pilih Bus Lolos Uji Kelayakan