Sukses

Bikin Mudik Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Mudik merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ada beragam cara yang dapat ditempuh untuk bisa bertemu sanak saudara di kampung halaman, mulai dari menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Terlepas dari kendaraan yang digunakan, hampir dapat dipastikan kamu akan menempuh perjalanan dalam waktu yang cukup lama. Beruntung, kini ada beragam aplikasi di smartphone yang dapat kamu gunakan untuk membantu atau sebagai hiburan sepanjang perjalanan.

Lantas, aplikasi apa saja yang wajib diunduh selama perjalanan mudik? Berikut ini ada lima aplikasi yang wajib kamu unduh untuk membuat perjalanan mudik makin asyik versi Tekno Liputan6.com.

1. Aplikasi khusus mudik

Sama seperti tahun sebelumnya, sejumlah penyedia layanan mulai berlomba menghadirkan aplikasi khusus mudik. Cukup dengan mengetik kata kunci 'Mudik 2017', kamu sudah dapat menemukan beragam aplikasi seputar mudik yang dapat diunduh secara gratis.

Pemerintah bekerja sama dengan pengembang lokal juga merilis aplikasi serupa. Aplikasi bernama Ayo Mudik ini menyajikan beragam informasi terpadu lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana serta info lalu lintas terkini.

2. Aplikasi Navigasi

Aplikasi navigasi mungkin bisa menjadi barang wajib untuk kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi. Melalui aplikasi navigasi yang banyak tersedia di toko aplikasi, kamu dapat mengetahui rute perjalanan yang harus dilalui untuk sampai di tempat tujuan.

Tak hanya itu, beberapa aplikasi juga sudah menyediakan informasi lalu lintas. Jadi, kamu dapat mengetahui jalur alternatif yang dapat mengantarkan kamu lebih cepat ke daerah tujuan mudik.

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 2 halaman

Aplikasi streaming konten

3. Aplikasi streaming konten

Salah satu hal yang dapat dilakukan saat sedang melakukan perjalanan jauh adalah mendengarkan musik atau menonton film. Untungnya, saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi penyedia streaming konten yang dapat menjadi alternatif hiburan selama perjalanan.

Namun perlu diingat, seluruh aplikasi itu mengharuskan kamu memiliki koneksi internet stabil agar dapat menikmati konten secara lancar. Karena itu, tak ada salahnya kamu mengunduh terlebih dulu konten yang tersedia di aplikasi tersebut sebelum dinikmati selama perjalanan.

4. Aplikasi media sosial

Mengingat konsep real-time yang diusung beberapa media sosial, membuatnya menjadi salah satu aplikasi penting sebagai sarana berbagi informasi selama perjalanan. Jadi, kamu dapat memantau sekaligus berbagi situasi dan kondisi perjalanan.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengikuti sejumlah akun yang memang menyediakan informasi seputar mudik. Tak lupa, mengingat ini media sosial, kamu juga dapat mengunggah gambar atau momen unik selama mudik.

5. Gim

Aplikasi terakhir yang perlu kamu unduh untuk menemani perjalanan mudik adalah gim. Selain video atau musik, memainkan gim kesukaan dapat membuatmu tak merasakan telah melakukan perjalanan jauh.

Adapun daftar gim rekomendasi yang dapat dimainkan selama mudik dapat dilihat di tautan ini. Sebagai pengingat, tak hanya aplikasi, perangkatmu juga membutuhkan aksesori sebagai pendukung selama perjalanan. Apa saja? Intip di tautan ini

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
5 Cara Gaul Biar Tetap Eksis Tapi Gak Boros
Artikel Selanjutnya
Top 3: Pengaturan Bikin Android Canggih, Komeng jadi Wali Nikah