Sukses

Jaringan Telekomunikasi Siap Layani Pemudik Lebaran 2017

Untuk memastikan kesiapan layanan, operator seluler melakukan uji petik dan drive test pada jaringan telekomunikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Muhammad Imam Nashiruddin memastikan jaringan operator seluler siap melayani arus mudik, Lebaran, dan arus balik 2017. Uji petik kualitas jaringan semua operator seluler menunjukkan hasil yang sangat baik.

Uji petik dilakukan terhadap kualitas jaringan semua operator seluler di semua titik keberangkatan mudik, yakni Jakarta, Batam dan Balikpapan. Kemudian, semua jalur mudik dan arus balik, yaitu kereta api jalur utara dan selatan, jalur darat Jakarta-Lampung dan Jakarta-Semarang, serta semua titik kedatangan mudik di Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Bandung, Semarang dan Lampung.

"Hasilnya sangat baik, tapi BRTI meminta seluruh operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan, mengingat di beberapa titik masih ada yang harus ditingkatkan," tutur Imam di konferensi pers Kesiapan Layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Mudik Lebaran 2017 di kantor Kemkominfo, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap empat hal. Pertama, uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggil, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung. Kedua, uji kualitas layanan SMS dengan menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS.

Pengujian ketiga, kualitas layanan mobile internet dilakukan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh (download) dan tingkat keberhasilan unduh. Hal terakhir yang diuji adalah kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama perkotaan.

Pengujian kesiapan jaringan di kota keberangkatan mudik, jalur mudik, arus balik dan kota kedatangan tersebut dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi keberangkatan kedatangan mudik antara lain bandara, stasiun, terminal bus dan pelabuhan laut. Selain itu, operator juga melakukan drive test seluruh jaringan untuk mengetahui kualitas layanan dan sinyal seluler di jalan-jalan umum.

Ditambahkan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachyz, seluruh operator seluler terus meningkatkan kualitas layanannya setiap Lebaran, termasuk tahun ini. Berbekal semua persiapan yang telah dilakukan, ia berharap operator dapat mengatasi lonjakan trafik yang akan terjadi.

"Kami sudah ada antisipasi untuk titik-titik yang banyak lonjakan. Kami berharap Brexit pada tahun lalu tidak akan terjadi lagi tahun ini dan untuk memastikannya, seluruh operator siap 24 jam secara nasional dan regional," tuturnya.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.