Sukses

Terungkap, Steve Jobs Nyaris Besut Tombol "Back" di iPhone

Liputan6.com, Cupertino - Akuilah, salah satu fitur desain paling ikonik dari iPhone adalah tombol "home". Ya, tombol multifungsi tersebut sudah hadir pada iPhone sejak generasi pertama diluncurkan.

iPhone memang mengusung konsep minimalis yang konsisten. Wajar saja tombol home dirancang sedemikian rupa, agar tampak lebih rapi dan tidak makan tempat.

Namun tahukah kamu, pendiri Apple Steve Jobs awalnya menginginkan tombol selain tombol home pada iPhone? Usut punya usut, Jobs ingin tombol back--tombol yang ada di perangkat Android saat ini--juga ikut bertengger di bawah layar iPhone.

Seperti dikutip Ubergizmo, Rabu (21/6/2017), rencana yang cukup mengagetkan itu terungkap dari salah satu buku terbaru karya Brian Merchant, dengan judul The One Device: The Secret History of the iPhone.

Jobs bahkan nyaris mematenkan tombol "back" untuk iPhone generasi pertama. Namun setelah berdiskusi dengan tim desain, Jobs harus mengalah, karena mereka menginginkan iPhone tampil dengan desain minimalis.

Imran Chaudhri, desainer iPhone yang telah bekerja selama 19 tahun untuk Apple Human Interface Team, membenarkan Jobs sempat menginginkan tombol back untuk iPhone. Namun, ia sendiri tidak setuju dengan konsep tersebut.

"Ini akan menjadi masalah. Kita kan ingin tombol home jadi satu-satunya alternatif untuk iPhone. Kalau ditambah tombol back, akan membuat aksesibilitas jadi lebih kompleks," kata Chaudhri.

Sejatinya, tombol back berfungsi membantu aksesibilitas pengguna dalam mengoperasikan perangkat smartphone lebih mudah, terlebih jika ingin kembali ke layar sebelumnya. Nah, kalau di iOS, pengguna hanya cukup menekan tombol home untuk kembali ke layar sebelumnya.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone
Artikel Selanjutnya
Bukan iPhone 8, Ini Nama Smartphone Teranyar Apple