Sukses

Flip Gandeng Alfamart untuk Akuisisi dan Verifikasi Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Diwartakan sebelumnya, aplikasi Flip.id untuk transfer antarbank gratis hadir di Android dan mendapat lisensi dari bank Indonesia. 

Terkini, startup yang didirikan tiga orang pemuda lulusan Universitas Indonesia itu menggandeng Alfamart untuk akuisisi dan verifikasi pengguna.

Proses verifikasi pengguna sebelumnya dilakukan dengan cara tatap muka langsung. Gambarannya, Flip menempatkan timnya di sejumlah titik keramaian, di mana calon pengguna Flip bisa melakukan verifikasi pada hari dan jam tertentu.

Kepada Tekno Liputan6.com, salah seorang co-founder Flip, Rafi Putra Arriyan, mengatakan langkah ini mampu memangkas biaya akuisisi pengguna dan lebih efektif daripada verifikasi tatap muka langsung.

"Dibandingkan dengan proses verifikasi sebelumnya yang menggunakan sistem gathering (datang ke titik keramaian pada hari dan jam tertentu, red.), kerja sama dengan Alfamart ini bisa mengurangi biaya yang kami keluarkan untuk mengakuisisi pengguna sebesar 87,5 persen. Bahkan, tingkat keefektifannya tiga kali lipat lebih baik," ujar pemuda yang akrab disapa Ari tersebut melalui aplikasi perpesanan.

Tonton video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Proses Verifikasi di Alfamart

Ada beberapa langkah sederhana untuk melakukan verifikasi di Alfamart. Pertama, buka Flip.id, lalu masuk atau buat akun baru. Isi data diri dan domisili.

Selanjutnya, periksa alamat Alfamart non-franchise sesuai domisili. Sistem Flip akan menampilkan alamat dan lokasi Google Maps Alfamart non-franchise di domisili tersebut.

Perlu diperhatikan, proses verifikasi hanya dapat dilakukan di Alfamart non-franchise yang Flip tampilkan. Setelah itu, datang ke Alfamart tersebut dan siapkan kartu identitas serta uang Rp 4.000 untuk biaya administrasi.

"Silakan bilang ke kasir, 'Mau registrasi Flip', sambil menyerahkan kartu identitas yang didaftarkan di sistem Flip. Kalau kasir tidak tahu soal ini, minta ke kasir untuk melakukan pengecekan di sistem E-TRANS pada menu 'Ambil Uang'," kata Ari menceritakan proses verifikasi di Alfamart.

Setelah membayar biaya administrasi, lanjut Ari, kasir akan memberikan struk bukti verifikasi dari Alfamart. "Simpan struk bukti verifikasi ini. Sistem Flip juga akan memberikan notifikasi via email bahwa verifikasi di Alfamart berhasil," pungkas Ari.

Langkah terakhir, pengguna tinggal masuk ke akun Flip dan mengunggah kartu identitasnya. Jika sampai H+1 verifikasi akun Flip masih belum aktif, pengguna bisa mengirim foto struk bukti verifikasi ke hello@flip.id.

(Why/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Dorong Adopsi Keuangan Digital, OJK Gelar Kompetisi KOINKU
Artikel Selanjutnya
Driver Grab Kini Bisa Cairkan Dana Instan Lewat Fitur Ini