Sukses

XL Perkuat Jangkauan Sinyal di Tol Baru untuk Layani Pemudik

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang arus mudik 2017, operator seluler XL Axiata mempersiapkan infrastruktur untuk melayani pelanggan yang melintas di jalan tol baru selama mudik.

Sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis XL yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (20/6/2017), persiapan yang dilakukan di antaranya pemasangan mobile BTS (MBTS) yang mendukung jaringan 4G di sejumlah lokasi.

Selain itu, tim teknis XL juga melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur serta di ruas tol baru di Medan hingga Kuala Namu.

VP Service Operation Management XL I Gede Darmayusa, mengatakan pihaknya belum membangun infrastruktur telekomunikasi secara khusus di sepanjang tol baru karena sebagian ruas tol baru itu masih dalam tahap pembangunan. Namun, kebutuhan layanan telekomunikasi dan data diprediksi ada karena banyak pemudik yang akan melewati jalan tol baru itu.

"Karena itu, kami menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti 30 MBTS dan memperkuat jangkauan dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru untuk antisipasi kebutuhan selama Lebaran," kata Gede.

Ia menambahkan, tim teknis XL telah menempatkan sebagian MBTS di tol baru dan melakukan uji jaringan. Berdasarkan uji jaringan itu, bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan.

Beberapa lokasi yang perlu peningkatan kualitas jaringan di antaranya adalah di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan, seperti di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen.

XL, kata Gede, juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan, masyarakat dan media mengenai lokasi yang perlu penguatan sinyal. "Seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata secara maksimal mempersiapkan jaringan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data," ujarnya.

Gede juga mengungkap tantangan bagi operator telekomunikasi selama mudik Lebaran, yakni adanya perpindahan pelanggan dari kota besar ke kota tujuan mudik. Menurut dia, hal ini akan meningkatkan lonjakan trafik yang menyebar di berbagai daerah. Untuk itu, XL meningkatkan kapasitas jaringan 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik.

XL juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang dirasa akan terjadi kepadatan masyarakat seperti di lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, pusat perbelanjaan, bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan laut, dan sepanjang jalur mudik di Pantai Utara Jawa dan jalur Selatan yang rawan kemacetan.

Cakupan Jaringan 4G LTE

Menjelang Lebaran 2017, XL juga memperluas jaringan 4G LTE. Pada Juni 2017 XL meresmikan layanan 4G baik di berbagai kota di Jawa maupun luar Jawa.

"Kami ingin memberikan pengalaman yang baru bagi para pelanggan XL dan masyarakat berlebaran dengan akses internet dan data dengan kualitas yang baik. Di Pulau Jawa, hampir semua kota/kabupaten terkover layanan XL 4G LTE," kata Gede.

Bagi pelanggan yang tak mudik juga bisa memanfaatkan layanan 4G XL untuk video call dan lain-lain. Tak cukup di situ, akhir Juni 2017, XL akan menghadirkan layanan 4G di beberapa kota/kabupaten di Jambi.

"Dengan perluasan menjelang Lebaran ini, kini layanan 4G XL sudah masuk di hampir seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat, serta 100 persen di seluruh kota/kabupaten Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur," kata Gede.

Sebelumnya, Maret-Mei 2017, XL sudah menghadirkan layanan 4G di Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, serta pekan lalu di Sulawesi Tenggara.

"Total, layanan 4G XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 250 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G," ujar Gede memberi penjelasan.

(Tin/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Volume Kendaraan Naik 25 Persen Saat Puncak Arus Balik Idul Adha
Artikel Selanjutnya
XL Tambah 6.000 BTS hingga Akhir 2017