Sukses

Cari Lowongan Kerja Kini Bisa via Google Search

Liputan6.com, Mountain View - Google menggulirkan fitur terbaru pada layanan "Search". Kali ini, fitur mempermudah pengguna yang ingin mencari lowongan kerja online. Jadi, calon pelamar kerja hanya perlu membuka Google Search via situs web atau aplikasi untuk mencari pekerjaan yang diinginkan.

Menurut informasi yang dilansir Ubergizmo, Kamis (22/6/2017), fitur bernama "Google  for Jobs" ini adalah layanan inisiatif Google untuk merangkul pengguna aktif Google Search yang ingin mencari pekerjaan baru.

"Hari ini, kami mengumumkan layanan Google for Jobs untuk memudahkan calon pelamar kerja. Dengan pengalaman terbaru, kami ingin menghubungkan pengguna Google Search pada kesempatan berkarier di perusahaan-perusahaan besar. Jadi, tidak peduli siapa kamu atau jenis pekerjaan apa yang ingin kamu cari, kamu tetap bisa mencari lowongan yang sesuai dengan keinginanmmu," tulis Google dalam pernyataan resminya.

Cara menggunakan Google for Jobs juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengetik keyword "jobs near me" atau "lowongan pekerjaan yang ada di sekitarku" dan klik ikon pencarian. Setelahnya, laman akan memperlihatkan hasil pencarian jenis lowongan kerja yang ada di lokasi terdekat.

Pengguna bahkan bisa mengkaji ulang jenis lowongan pekerjaan berdasarkan dari skala waktu yang ditawarkan, entah itu permanen (full time), part time, atau kontrak.

Selain itu, pengguna juga bisa mencari kategori dan deskripsi pekerjaan berdasarkan jabatan, mulai dari magang, karyawan, manajer, hingga direktur sekali pun.

Pengguna bahkan dapat menyortir lowongan dari jenis pekerjaan, seperti guru, dokter, wiraswasta, jurnalis, kasir, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Google menyediakan estimasi waktu perjalanan yang dibutuhkan pengguna untuk beranjak ke lokasi penyedia lowongan kerja.

Google sendiri tidak berencana untuk membawa fitur ini ke ruang yang lebih besar. Dalam arti, raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam itu tidak berniat ingin mendirikan platform pencari lowongan kerja secara mandiri.

Mereka justru bekerjasama dengan sejumlah platform penyedia lowongan kerja, karena itu semua jenis lowongan yang ditampilkan terhubung dari beberapa platform seperti Careerbuilder, LinkedIn, JobStreet, dan masih banyak lagi.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Kocak, Netizen Cari Jodoh Saat Pengumuman CPNS Kemenkumham 2017
Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir